Jumat, 25 Oktober 2019 04:30 WITA

Manfaat Salak, Buah yang Kulitnya Tidak Bisa Dikupas Nia Ramadhani

Editor: Fathul Khair Akmal
Manfaat Salak, Buah yang Kulitnya Tidak Bisa Dikupas Nia Ramadhani
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Belakangan ini di media sosial sedang viral video yang memperlihatkan selebritis Nia Ramadhani mengaku tidak bisa mengupas kulit salak. Meski sudah dijelaskan oleh suaminya, Ardi Bakrie, tetap saja Nia berkata bahwa dirinya tidak mampu membuka kulit salak. Padahal, buah ini dikenal luas memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, lho.

Nia Ramadhani Kesulitan Membuka Salak
Dalam unggahan Instagram Stories milik Ardi Bakrie di @ardibakrie, terlihat jelas bahwa Nia Ramadhani diminta untuk mengupas salak oleh suaminya. Nia menjawab tidak bisa melakukannya karena berpikir jika buah dengan kulit yang cenderung keras dan lancip ini hanya bisa dibuka dengan pisau.

Ardi menyebut salak bisa dikupas hanya dengan tangan. Ia juga meminta istrinya untuk menggigit salah satu bagian salak agar bisa mengupasnya dengan mudah. Hanya saja, Nia tetap menolak untuk mengupas salak. Ia merasa jijik jika harus menggigit salah satu bagian kulit buah dengan rasa yang manis ini.

Manfaat Salak bagi Kesehatan
Salak bisa dengan mudah ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Selain dimakan secara langsung, salak juga bisa diolah menjadi produk-produk lainnya. Satu hal yang pasti, salak tinggi manfaat kesehatan.

Berikut adalah manfaat salak bagi kesehatan:

Mengatasi Sembelit
Banyak orang yang salah mengira salak sebagai buah yang bisa menyebabkan sembelit. Apalagi jika buah ini dikonsumsi dengan berlebihan. Padahal, pakar kesehatan menyebut makan salak tidak akan menyebabkan hal ini.

Mitos bahwa salak bisa memicu sembelit disebabkan oleh kemampuannya dalam mengatasi diare karena tinggi kandungan tanin. Jika dilogika, salak yang bisa mengatasi diare jika dikonsumsi saat perut berada dalam kondisi normal tentu akan menyebabkan sembelit. Padahal, faktanya tidak begitu.

Dalam realitanya, rutin makan salak justru akan membantu mencegah sembelit. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Hanya saja, ada baiknya kita mengonsumsi kulit ari dari salak karena kandungan seratnya lebih tinggi dan bisa memberikan manfaat bagi pencernaan dengan lebih baik.

Menurunkan Berat Badan
Keberadaan serat yang tinggi di dalam salak juga bisa memberikan manfaat lainnya, yakni membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan serat dalam memperlancar pencernaan dan mempermudah buang air besar. Serat juga bisa membantu kita kenyang dalam waktu yang lebih lama sehingga akan membuat kita tidak mudah tertarik mengonsumsi camilan yang tidak sehat.

Baik bagi Kesehatan Mata
Salak tinggi kandungan vitamin A dan beta karoten. Kandungan ini mampu membuat kesehatan mata semakin meningkat. Rutin mengonsumsinya tentu akan membuat kita tidak mudah terkena gangguan penglihatan seperti rabun jauh.

Membantu Mengendalikan Gula Darah
Gula darah memberikan banyak sekali pengaruh bagi kondisi tubuh kita. Jika kadar gula meningkat, maka energi tubuh juga akan naik sehingga kita bisa melakukan berbagai aktivitas. Jika kadar gula darah menurun, tubuh akan terasa lemas dan kurang bertenaga. Sayangnya, gaya hidup yang tidak sehat bisa membuat kadar gula darah kacau sehingga bisa menyebabkan masalah pada pankreas atau memicu diabetes.

Rutin makan salak akan membantu kadar gula darah terkendali dan memperbaiki kondisi pankreas yang memproduksi insulin, hormon pengendali kadar gula darah.

Baik bagi Kesehatan Otak
Pakar kesehatan menyebut rutin makan salak bisa membuat fungsi otak dalam berpikir dan mengingat semakin meningkat. Hal ini tentu akan membuat kita menjadi lebih produktif dan tetap berstamina.

sumber: doktersehat.com

Loading...
Loading...

Berita Terkait