Rabu, 23 Oktober 2019 14:05 WITA

Asbes Dalam Bedak Talc Dapat Menyebabkan Kanker Mematikan

Editor: Suriawati
Asbes Dalam Bedak Talc Dapat Menyebabkan Kanker Mematikan
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah studi baru menemukan hubungan antara kontaminasi bedak talc dengan kanker langka yang mematikan.

Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Occupational and Environmental Medicine. Itu mengungkapkan bahwa sekelompok 33 orang mengembangkan mesothelioma setelah terpapar abses dari bedak talc.

Menurut American Cancer Society, mesothelioma adalah kanker pada lapisan yang menutupi permukaan luar organ dalam. Kanker ini paling sering terjadi pada lapisan di sekitar paru-paru atau perut.

"Semua dari mereka memiliki paparan yang signifikan terhadap bedak talc," kata ketua peneliti Dr. Jacqueline Moline, seorang profesor di Lembaga Penelitian Medis Feinstein Northwell Health di Manhasset, NY.

"Itu tidak seperti mereka menaburkannya sebulan sekali. Ini orang yang menggunakannya setiap hari atau berkali-kali sehari selama bertahun-tahun. Mereka semua menggunakan bedak, dan kemudian seiring waktu mereka mengembangkan kanker," kata Moline.

Loading...

Moline mengatakan, orang-orang biasanya menghirup serat asbes, yang sangat kecil, lalu masuk ke lapisan di sekitar paru-paru dan perut. Di situlah mereka menyebabkan kerusakan DNA yang memicu kanker.

Jadi bagaimana solusinya untuk terhindar dari kanker ini? "Hal yang paling bijaksana bagi orang-orang adalah menggunakan bedak bebas abses, atau produk berbasis tepung jagung," kata Moline.

Baru minggu lalu, Johnson & Johnson menarik kembali bedak bayinya setelah pihak berwenang AS menemukan bahwa itu erkontaminasi dengan asbes.

Tags
Loading...
Loading...