Kamis, 24 Oktober 2019 07:30 WITA

Cara Hidup Sehat dengan Biaya Murah ala dr Zaidul Akbar

Editor: Abu Asyraf
Cara Hidup Sehat dengan Biaya Murah ala dr Zaidul Akbar
dr Zaidul Akbar

RAKYATKU.COM - Sehat itu murah. Begitu slogan yang jamak terdengar. Benarkah bisa hidup sehat dengan uang pas-pasan?

Dokter Zaidul Akbar yang dikenal dengan Jurus Sehat Rasulullah (JSR) berbagi tips. Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro itu ikut menerapkannya.

"Apa pun yang diomongkan pasti keliatan di badan. Masa iya ngomongin pola hidup sehat, tapi saya sendiri perutnya mlentung (gendut)," katanya dr Zaidul beberapa waktu lalu.

Berikut pola hidup sehat ala dr Zaidul Akbar: 

1. Olahraga teratur

Dokter Zaidul biasa melakukannya di dalam atau luar rumah. Jika olahraga hanya bisa dilakukan di rumah, dr Zaidul memanfaatkan barbel yang dimilikinya untuk latihan beban dan push up. Untuk olahraga di luar rumah, dr Zaidul memilih berkuda, berenang, dan memanah.

2. Makan saat butuh

Dokter Zaidul hanya makan saat perlu asupan untuk memenuhi aktivitas sehari-hari. Dengan aturan tersebut dia tidak menerapkan frekuensi makan tertentu. Menurut dr Zaidul, dia biasa makan 1-2 kali dengan pilihan menu berikut.

Loading...

Saat sarapan pagi, dia biasanya memilih nasi atau sumber karbohidrat lain. Bila tidak, maka diganti aneka kacang, kismis, hanya minum air madu, atau paduan kopi, madu, dan cokelat.

Saat makan siang, menunya didominasi buah dan sayur yang kaya nutrisi misal karbohidrat, protein, lemak, protein, vitamin, serta mineral. Porsi makan tetap tidak berlebihan sesuai kebutuhan tubuh.

Lalu, saat makan malam, dia jarang makan kecuali saat aktivitasnya padat atau merasa lapar. Porsinya tetap tidak berlebihan dan tetap didominasi buah serta sayur.

Terkait porsi makan, dr Zaidul menerapkan pola 1/3 untuk makan, 1/3 untuk minum, dan 1/3 udara seperti cara makan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Saat merasa tidak enak badan misal masuk angin, dr Zaidul terbiasa mengkonsumsi berbagai jenis rimpang yang ada di rumah. 

Menurutnya, rimpang seperti jahe memiliki banyak manfaat yang belum sepenuhnya diketahui manusia. Meski begitu, dr Zaidul bukannya anti obat kimia.

"Kalau anak panas, ya saya kasih parasetamol supaya demamnya cepat turun. Namun setelah itu, jangan lupa konsumsi berbagai jenis herbal yang pasti bermanfaat. Konsumsi herbal bisa ganti-ganti misal kunyit, jahe, jeruk nipis, yang penting tubuh selalu terasup berbagai bahan yang bermanfaat," kata dr Zaidul.

Loading...
Loading...