Senin, 21 Oktober 2019 17:59 WITA

Penjelasan Mengapa Payudara Wanita Bisa Tidak Sama Besar

Editor: Suriawati
Penjelasan Mengapa Payudara Wanita Bisa Tidak Sama Besar
INT

RAKYATKU.COM - Jika salah satu payudara Anda lebih besar dari yang satunya, Anda tidak sendirian. Payudara yang tidak rata sebenarnya cukup umum. Jadi mengapa demikian?

“Mayoritas wanita memiliki payudara yang asimetris,” kata Mary Jane Minkin MD, seorang profesor klinis di Departemen Obstetri, Ginekologi dan Ilmu Reproduksi di Yale Medical School di New Haven, Connecticut.

“Kami tidak tahu alasan mengapa hal ini terjadi. Tetapi sangat tidak mungkin menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan," kata Dr. Minkin.

Yakinlah bahwa payudara asimetris Anda benar-benar alami.

Payudara yang tidak rata sering diwariskan, menurut Sherry Ross MD, seorang pakar kesehatan wanita di Providence Saint John's Health Center di Santa Monica.

Jadi, jika payudara ibu dan nenek Anda memiliki dua ukuran yang berbeda, kemungkinan besar payudara Anda juga akan begitu.

"Ini juga bisa disebabkan oleh masalah penurunan atau kenaikan berat badan," tambah Dr. Minkin.

"Karena payudara Anda sebagian terbuat dari lemak (bersama dengan jaringan ikat dan saluran susu), ukurannya dapat berubah sesuai berat Anda."

Loading...

Selain itu, kehamilan dan menyusui juga dapat memengaruhi simetri payudara. “Ukuran payudara cenderung meningkat selama kehamilan dan menyusui dan kemudian menjadi lebih kecil setelah menyusui, dalam banyak kasus. lebih kecil dari pada awalnya," jelas Dr. Minkin.

Dan juga, kebiasaan menyusui bayi berdampak pada bentuk payudara wanita juga.

"Bayi itu tampaknya memiliki preferensi yang berbeda untuk satu sisi atau yang lain dan itu dapat membuat payudara ibu tidak simetris," jelasnya.

Namun, jika payudara Anda selalu sama ukurannya lalu tiba-tiba asimetri, maka itu sebaiknya dievaluasi, karena bisa jadi disebabkan oleh kista atau kelainan lainnya.

Terlebih lagi, payudara yang tidak rata mungkin merupakan tanda kondisi seperti skoliosis (kelengkungan tulang belakang) atau dinding dada yang tidak normal.

"Anda harus tetap memperhatikan jika payudara Anda tiba-tiba menjadi asimetris, terutama jika ada massa dalam satu payudara yang menyebabkan perubahan ukuran," kata Dr. Minkin.

"Saya akan menasihati seorang wanita untuk mengunjungi penyedia layanan kesehatannya untuk evaluasi dan mammogram dan/atau ultrasound jika perlu, tapi jelas tidak perlu panik," tambahnya.

Loading...
Loading...