Senin, 21 Oktober 2019 07:00 WITA

Awas! Jangan Makan Mie Instan saat Asam Lambung Naik

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Awas! Jangan Makan Mie Instan saat Asam Lambung Naik

RAKYATKU.COM - Mie instan merupakan salah satu makanan yang paling digemari masyarakat Indonesia. 

Sayangnya, sudah menjadi rahasia umum jika mie instan kurang baik bagi kesehatan. Kita bahkan sebaiknya menghindarinya saat maag atau masalah asam lambung menyerang.

Sebaiknya Menghindari Mie Instan Saat Sedang Terkena Maag

Pakar kesehatan menyebut mie instan diolah dengan cara yang unik, yakni digoreng hingga kadar air di dalamnya benar-benar menghilang. Karena alasan inilah mie instan mentah terlihat seperti kerupuk kering yang sangat renyah. 

Dilansir laman Doktersehat, masalahnya adalah proses pengolahan ini bisa membuat mie instan memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi.

Saluran pencernaan ternyata mengalami kesulitan untuk mengolah makanan dengan kadar lemak yang tinggi. Proses pengolahannya pun bisa berlangsung sangat lama. Hal ini tentu akan membuat produksi asam lambung semakin meningkat. 

Padahal, saat maag menyerang, kadar asam lambung sudah sangat tinggi dan bisa saja mencapai pangkal kerongkongan. Hal ini berarti makan mie instan bisa membuat gejala penyakit ini semakin parah.

Mie instan juga termasuk dalam makanan dengan kadar sodium yang tinggi. Biasanya hal ini ditemukan pada bumbunya yang menentukan rasa dari mie instan tersebut. 

Masalahnya adalah keberadaan sodium ini bisa mencapai 50 atau 60 persen dari kebutuhan sodium maksimal harian. Jika kita kebanyakan maka mie instan, dikhawatirkan hal ini akan mempengaruhi tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh dengan signifikan.

Tags
Loading...
Loading...

Berita Terkait