Senin, 21 Oktober 2019 08:00 WITA

Tujuh Alasan Mengapa Kita Terus Ingin Minum Air

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tujuh Alasan Mengapa Kita Terus Ingin Minum Air

RAKYATKU.COM - Saat suhu udara sangat panas, kita ingin minum air karena merasa haus. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang bisa membuat kita terus ingin minum air meski sebenarnya sudah meminumnya.

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang bisa membuat kita ingin terus minum air. Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkannya.

1. Mengonsumsi Garam Dalam Jumlah yang Banyak

Tanpa kita sadari, asupan garam harian kita bisa jadi berlebihan. Tak hanya garam yang didapatkan dari masakan yang kita olah sendiri, garam ini bisa didapatkan dari makanan olahan seperti makanan kalengan, camilan kemasan, dan lain-lain.

Memang, garam bisa membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat, namun hal ini juga bisa membuat tubuh mengalami gangguan keseimbangan cairan yang akhirnya membuat kita seperti terus ingin minum air demi mengatasinya.

2. Baru Saja Melakukan Olahraga

Pakar kesehatan dr. Peter Mayock dari Erie Family Health Center, Chicago, Amerika Serikat menyebut rasa haus sangat wajar muncul saat kita baru saja melakukan olahraga. Hal ini disebabkan oleh aktivitas fisik bisa membuat tubuh memproduksi keringat dalam jumlah yang sangat banyak.

Kondisi ini tentu akan membuat tubuh kehilangan cairan dalam jumlah yang banyak dan berusaha untuk mengembalikannya. Hal inilah yang membuat kita seperti terus ingin minum dalam jumlah yang sangat banyak.

3. Terpapar Sinar Matahari

Jika kita melakukan aktivitas di luar ruangan, khususnya yang membuat kita terpapar sinar matahari yang terik secara langsung, maka tubuh akan mengeluarkan keringat dalam jumlah yang sangat banyak. Hal ini akan membuat tubuh berusaha untuk mengembalikan keseimbangan cairan tubuh dengan cara membuat kita lebih mudah haus.

Jika kita tidak menuruti keinginan untuk minum air ini, bisa jadi kita akan rentan mengalami dehidrasi yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

4. Efek Samping Diabetes

Loading...

Jika kita tiba-tiba ingin minum air dalam jumlah yang sangat banyak namun tidak kunjung bisa mengatasi rasa haus, sebaiknya kita mewaspadai adanya kemungkinan hal ini terkait dengan penyakit diabetes. Sebagai informasi, bagi penderita diabetes insipidus, misalnya, mereka bisa sampai meminum berliter-liter air dalam sehari dan tetap merasa haus.

Pakar kesehatan menyebut hal ini terkait dengan kadar gula darah yang meningkat tajam dan akhirnya membuat tubuh berusaha untuk membuang kelebihan gula darah dengan cara lebih sering buang air kecil. Hal ini tentu akan membuat keseimbangan cairan tubuh terganggu.

5. Mengalami Anemia

Anemia tak hanya akan membuat kita lebih mudah merasa lemas atau ingin terus beristirahat seharian. Hal ini juga bisa membuat kita ingin terus minum air dalam jumlah yang banyak. Pakar kesehatan menyebut kondisi ini lebih sering terjadi pada penderita anemia yang parah.

6. Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Beberapa jenis obat-obatan bisa memberikan efek diuretik atau membuat frekuensi buang air kecil meningkat dengan signifikan. Hal ini tentu akan membuat cairan tubuh berkurang drastis dan akhirnya membuat kita ingin terus minum.

Dilasir Doktersehat, beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan dampak ini adalah obat anti depresan dan anti histamine yang biasanya ditujukan untuk mengatasi alergi.

7. Mengalami Bibir Kering

Bibir kering bisa disebabkan oleh gangguan produksi air liur, kurang minum, atau suhu udara yang sangat panas. Kondisi ini bisa membuat kita ingin terus minum air dalam jumlah banyak.

 

Tags
Loading...
Loading...