Minggu, 20 Oktober 2019 13:20 WITA

Apakah Yoghurt Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes?

Editor: Suriawati
Apakah Yoghurt Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes?
INT

RAKYATKU.COM - Apakah penderita diabetes bisa mengonsumsi yogurt? Jawabannya ya. Menurut dokter dan ilmuwan, mengonsumsi yogurt bisa bermanfaat bagi Anda.

Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa makan jenis yoghurt tertentu membantu mengendalikan gula darah dan menghilangkan masalah peradangan internal dalam tubuh.

Mengapa yoghurt bermanfaat bagi diabetes?
Pemerintah Amerika merilis pedoman diet 2015-2020 melalui Health.gov, di mana yoghurt dianggap sebagai makanan paling sehat.

Yoghurt mengandung vitamin D, kalsium, protein dalam jumlah yang tepat. Selain itu, yoghurt adalah makanan probiotik, sehingga termasuk bakteri yang bermanfaat bagi tubuh, yang menghilangkan peradangan internal dari tubuh.

Loading...

Peradangan adalah masalah yang signifikan pada pasien diabetes tipe 2, yang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Karena itu, konsumsi yoghurt dapat menyelamatkan pasien diabetes dari banyak penyakit fatal.

Yoghurt mana yang harus dimakan?
Ada banyak jenis yoghurt yang tersedia di pasaran (tetapi tidak semua jenis yoghurt bermanfaat). Menurut American Diabetes Association, pasien diabetes harus makan yoghurt tanpa rasa, dan rendah lemak.

Berikut pilihan yang bisa Anda makan:

  • Yoghurt Yunani. Ini memiliki protein dua kali lebih banyak daripada yoghurt biasa.
  • Yoghurt organik. Ini terbuat dari susu organik. Karena itu, ia mengandung lebih banyak gizi daripada yoghurt biasa.
  • Yogurt bebas laktosa. Orang yang tidak toleran terhadap laktosa harus makan yoghurt bebas laktosa.
  • Yoghurt vegan. Ini terbuat dari susu yang diperoleh dari tumbuh-tumbuhan. Yogurt jenis ini memang rendah kalsium dan vitamin D, tetapi bermanfaat bagi pasien diabetes.
Loading...
Loading...