Sabtu, 19 Oktober 2019 08:51 WITA

Bayi Laki-laki di Turki Lahir Tanpa Penis

Editor: Suriawati
Bayi Laki-laki di Turki Lahir Tanpa Penis
INT

RAKYATKU.COM - Seorang bayi laki-laki di Turki lahir tanpa penis. Ini adalah cacat lahir yang dianggap sangat langka, dan diperkirakan hanya terjadi pada satu dari 30 juta anak laki-laki.

Secara medis, cacat lahir ini dikenal dengan istilah Penile agenesis. Sejauh ini hanya ada 80 kasus yang pernah dicatat dalam literatur ilmiah.

Sebagian besar kasus ini disebabkan oleh kegagalan perkembangan penis janin di dalam rahim ibunya.

Kasus bayi laki-laki ini dilaporkan dalam Urology Case Reports. Dokter menulis bahwa meskipun bayi itu tidak memiliki penis, namun skrotumnya terbentuk dengan baik.

Menurut laporan, bayi itu baru berumur satu hari ketika ia dibawa ke dokter bedah anak, untuk diselidiki kondisinya.

Tes menunjukkan bahwa dia juga mengalami vesicorectal fistula - koneksi abnormal antara kandung kemih dan duburnya.

Loading...

Ini sering menyebabkan pasien memiliki kotoran di urin mereka. Namun, dokter tidak mengungkapkan apakah bocah itu memiliki gejala seperti itu.

"Insiden Penile agenesis diperkirakan terjadi pada satu dari 10-30 juta kelahiran hidup," tulis para dokter dalam laporan tersebut.

"Ini adalah laporan pertama bayi dengan kombinasi Penile agenesis dan vesicorectal fistula."

Dokter awalnya menyarakan untuk mengubah jenis kelamin bayi itu menjadi perempuan. Tetapi keluarganya menentang prosedur itu.

Jadi dokter di Universitas Erbakan di Konya, Turki mengatakan bahwa rekonstruksi penis adalah alternatif yang baik untuk bayi itu.

Loading...
Loading...