Jumat, 18 Oktober 2019 05:30 WITA

Bayi 1 Tahun Tertular Virus Herpes Usai Dicium Orang Asing

Editor: Fathul Khair Akmal
Bayi 1 Tahun Tertular Virus Herpes Usai Dicium Orang Asing
Ilustrasi bayi. (Shutterstock)

RAKYATKU.COM - Bayi 1 tahun di Inggris, tertular herpes setelah dicium oleh orang asing yang menderita flu. Charlotte Jones sempat membawa anaknya, Ellis yang jatuh sakit setelah dicum orang asing ke dokter. Saat itu dokter hanya mendiagnosis bahwa anaknya menderita radang amandel.

Tetapi, kondisi anaknya justru tak kunjung membaik dan semakin buruk setelah periksa dari dokter. Akhirnya, Charlotte memutuskan kembali membawa anaknya ke dokter.

Kali kedua kedatangan Charlotte, dokter mendiagnosis anaknya terserang virus herpes simplex atau dikenal juga sebagai HSV-1.

Penyakit herpes ini tergolong tidak berbahaya bagi orang dewasa. Tetapi, virus ini bisa membahayakan dan mengancam jiwa bayi dengan sistem kekebalan tubuh lemah.

Virus ini bisa menyebar ke otak bayi dan merusak organ di dalam tubuh sampai akhirnya menyebabkan kematian. Charlotte pun membagikan beberapa foto anaknya yang didiagnosis herpes.

"Orang-orang benar tidak menyadari bahwa ciuman atau sentuhannya bisa menyebabkan penyakit berbahaya pada anak kecil," curhat Charlotte dikutip dari suara.com.

Akibat penyakit tersebut, suhu tubuh Ellis mencapai 40 derajat celcius, hidungnya selalu mengeluarkan cairan, banyak darah dan harus mengonsumsi banyak obat.

"Kami sangat beruntung Ellis termasuk bayi yang kuat melawan penyakitnya. Tetapi, bagi bayi dengan sistem kekebalan tubuh lemah mungkin kondisinya akan berbeda," lanjutnya.

Charlotte lantas mengimbau kepada semua orang, agar tak sembarang mencium bayi atau balita ketika masih sakit. Bahkan orang-orang harus peduli kebersihan tangannya sebelum menyentuh bayi atau balita.

Loading...

"Dalam seminggu, bibir Ellis sudah banyak berubah, dia masih punya cara untuk pergi tetapi sedang dalam perbaikan."

Perlu diketahui, herpes adalah infeksi umum yang disebabkan oleh virus herpes simplex. Penyakit ini menyebabkan penderitanya mengalami lepuh yang menyakitkan di mulut atau pada alat kelamin.

Bahkan penyakit ini juga bisa menular melalui kontak seksual. Dalam kondisi yang lebih serius, penyakit ini bisa saja muncul kembali setelah sembuh.

Herpes juga tergolong penyakit yang sangat berbahaya untuk bayi di bawah enam bulan dan bayi baru lahir. Karena sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang.

Sedangkan, virus herpes simpleks yang menular ini bisa mengakibatkan luka dingin dan bisul kelamin untuk orang dewasa.

Di sisi lain, ada pula virus herpes neonatal yang hanya memengaruhi mata, mulut atau kulit bayi. Jika demikian, kebanyakan bayi akan sembuh dengan pengobatan antivirus.

Kondisi ini jauh lebih serius jika menyebar ke organ bayi hampir sepertiga bayi dengan jenis herpes neonatal akan mati, bahkan jika mereka menerima perawatan.

Tags
Loading...
Loading...