Kamis, 17 Oktober 2019 10:53 WITA

Dampak Buruk Memakai Bra yang Salah pada Wanita

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Dampak Buruk Memakai Bra yang Salah pada Wanita
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Mengenakan bra cukup berisiko untuk kesehatan. Risiko ini bisa muncul dalam bentuk ringan hingga yang ke berat.

Kalau Anda tidak mau mendapatkan risiko yang cukup berbahaya ini ada baiknya untuk memakai bra yang ukurannya benar dan sesuai dengan kebutuhan. Jika hal tersebut tidak Anda lakukan, beberapa efek di bawah ini bisa terjadi.

1. Bisa Mengalami Kanker Payudara

Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan ada korelasi antara menggunakan bra yang terlalu kecil atau ketat dengan terbentuknya kanker payudara yang berbahaya.

Kanker ini bisa muncul karena ada tekanan yang kuat pada payudara yang menyebabkan pembuluh darah dan simpul limfa yang ada di sana tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Kalau Anda tidak ingin mengalami kanker payudara yang sangat berbahaya, ada baiknya untuk mengenakan bra yang sesuai dengan ukuran. Jangan gunakan yang terlalu kecil karena bisa menyiksa wanita.

Selain itu bra yang terlalu sempit juga menyebabkan wanita susah untuk bernapas karena rongga dada seperti ditekan kuat-kuat. Kalau Anda merasa bra yang dipakai sudah mulai menyiksa, ada baiknya tidak digunakan lagi.

Beli lagi bra yang jauh lebih besar agar saat dipakai nyaman. Selanjutnya saat sudah berada di rumah, meski bra nyaman dipakai, ada baiknya dilepas agar Anda bisa lebih santai dan nyaman dalam beristirahat.

2. Mengalami Lelah di Punggung dan Kerap Pusing

Tekanan yang kuat dari bra yang terlalu kecil menyebabkan rasa lelah di punggung. Wanita tidak bisa bergerak dengan bebas dan badan selalu tegap dengan sendirinya. Secara postur, badan tegap memang baik, tapi kalau terlalu lama juga tidak nyaman.

Dilansir Doktersehat, rasa lelah di punggung ini bisa muncul dengan sendirinya meski wanita tidak melakukan apa pun di rumah. Kalau bra yang kekecilan terus dipakai, akan ada efek lain yang lebih buruk.

Efek yang lebih buruk itu adalah pusing yang sering muncul berkali-kali. Rasa pusing ini sering susah diatasi sehingga bisa mengganggu kehidupan wanita sehari-hari. Apalagi saat berada di lingkungan kerja, tidak mungkin rasanya kalau ingin melepas bra.

Loading...

3. Rasa Sakit di Bagian Bawah Payudara

Beberapa bra khususnya yang jenis push kerap memang memberikan lekuk tubuh yang bagus. Dada wanita akan terangkat dengan sempurna. Meski terlihat bagus, bra jenis ini bisa membuat belahan bawah dari payudara alami rasa ngilu dan tidak nyaman.

Beberapa wanita sampai alami memar di bagian bawah karena tekanannya terlalu kuat. Kalau Anda masih ingin mengenakan bra yang jenis push ini ada baiknya pilih ukuran yang tepat. Dengan ukuran yang tepat, tekanan di bagian bawah tidak akan terlalu besar dan mengganggu.

Ingin tampil sempurna memang membutuhkan banyak pengorbanan. Apalagi kalau harus menampilkan kecantikan payudara. Namun, yang tetap harus dipegang adalah kenyamanannya. Jangan sampai kita merasa tidak nyaman dan tersiksa setiap saat.

4. Mengalami Iritasi pada Payudara

Beberapa bahan dari bra cukup kasar dan tidak nyaman untuk kulit payudara. Selain itu, ada juga kemungkinan gesekan saat dipakai, dilepas, atau dikenakan. Lecet atau gesekan kecil mungkin kerap diabaikan oleh wanita, tapi efek jangka panjangnya cukup berbahaya sehingga harus disembuhkan meski hanya goresan saja.

Gesekan atau goresan yang ringan mungkin bisa hilang dengan sendirinya dan tidak menyebabkan masalah. Namun, kalau sampai menyebabkan luka yang besar dan membekas, wanita sendiri yang akan rugi. Secara estetika, payudaranya akan menurun.

5. Kemungkinan Mengubah Bentuk Payudara

Payudara wanita tidak sama dengan dada pria yang lebih banyak berisi otot. Organ ini juga berisi lemak dan jaringan yang memproduksi air susu. Meski ukuran payudara wanita kadang bervariasi, secara struktur dan isi tetap sama.

Kalau wanita mengenakan bra yang tidak sesuai dengan kebutuhan ada kemungkinan bentuk payudara berubah. Perubahan ini bisa mengganggu wanita secara fungsi atau estetika.

Loading...
Loading...