Sabtu, 12 Oktober 2019 14:31 WITA

Jangan Buang Kulit Bawang! Ini Beberapa Cara Memanfaatkannya

Editor: Suriawati
Jangan Buang Kulit Bawang! Ini Beberapa Cara Memanfaatkannya
INT

RAKYATKU.COM - Pernahkah Anda mendengar tren kuliner yang disebut memasak 'root-to-stem'? Ini bertujuan untuk mencegah pemborosan makanan, di mana setiap bagian dari buah atau sayuran digunakan dengan cara lain.

Kulit dan batang sayuran yang biasanya kita buang juga bisa digunakan kembali! Lagi pula ini memiliki manfaat tersendiri, karena merupakan sumber nutrisi seperti Vitamin A, C, E, antioksidan, flavonoid, dll.

Salah satu yang mungkin tidak terpikirkan untuk diolah kembali adalah kulit bawang. Ini mengandung antioksidan fenilpropanoid, yang dapat memperlambat penuaan, menurunkan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung.

Berikut cara mengolah kulit bawang:

Masak dengan nasi
Memasak kulit bawang merah atau bawang putih bersama dengan nasi akan meningkatkan nilai gizi nasi. Jika Anda tidak ingin memakan kulit-kulit itu, masukkan saja mereka saat memasak dan keluarkan nanti.

Tambahkan ke sup
Tambahkan kulit ini ke semur, sup, dan kaldu Anda untuk mendapatkan nutrisi tambahan. Anda bisa menyaringnya nanti. Dengan cara ini, nutrisi di kulit tidak akan terbuang sia-sia. 

loading...

Gunakan sebagai penyedap
Panggang kulit bawang merah dan kulit bawang putih lalu giling. Anda bisa menggunakan bubuk ini sebagai bahan penyedap dalam masakan Anda.

Teh kulit bawang
Teh kulit bawang sangat bagus untuk mereka yang menghadapi masalah saat tertidur. Buat teh menggunakan kulit bawang dan minum sebelum tidur. Ini akan menenangkan pikiran Anda dan membantu Anda mendapatkan tidur yang tenang.

Mengobati kram otot
Tahukah Anda bahwa kulit bawang adalah obat yang efektif untuk nyeri otot? Caranya, masukkan satu cangkir air dan kulit bawang dalam panci lalu didihkan.

Saring airnya dan minum. Ini akan meredakan kram otot Anda secara instan. Selain itu, ini juga dapat mencegah kanker kolorektal.

Untuk mewarnai rambut
Kulit bawang adalah pewarna rambut alami, dan membuatnya berkilau. Rebus kulit bawang dengan 4-5 gelas air. Gunakan air ini untuk mencuci rambut setelah keramas.

Loading...
Loading...