Senin, 07 Oktober 2019 08:57 WITA

Berikut Beberapa Manfaat Tidur Lebih Awal bagi Kesehatan

Editor: Adil Patawai Anar
Berikut Beberapa Manfaat Tidur Lebih Awal bagi Kesehatan

RAKYATKU.COM - Banyak orang yang terbiasa untuk tidur lebih larut di akhir pekan. Alasannya adalah demi menikmati berbagai macam acara baik itu menonton televisi atau sekadar berkumpul dengan keluarga atau teman-teman. Padahal, pakar kesehatan menyebut tidur lebih awal bisa memberikan manfaat lebih besar bagi kesehatan.

Berbagai Manfaat tidur Lebih Awal
Pakar kesehatan menyebut ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan jika membiasakan diri tidur lebih awal.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

Mendapatkan Kualitas Tidur yang Lebih Baik
Penelitian yang dilakukan Profesor Matthew Walker dari University of California, Amerika Serikat menghasilkan fakta bahwa tidur lebih awal bisa membuat kualitas tidur meningkat dengan signifikan. Peneliti yang juga pendiri Center for Human Sleep Science, New York ini menyebut siklus tidur selalu berganti setiap 90 menit. Di setiap siklus ini, otak secara bergantian berada dalam fase rapid eye movement (REM) dan non-REM.

Dengan tidur lebih awal, tubuh akan berada dalam kondisi rileks dan akhirnya membuat kita bisa tidur dengan lebih nyenyak. Saat bangun, kita pun akan merasakan tubuh jauh lebih bugar.

Menurunkan Risiko Terkena Penyakit
WHO menyebut kebiasaan tidur lebih awal bisa membantu menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit, termasuk kanker. Hal ini disebabkan oleh ritme sirkadian tubuh yang berjalan dengan baik yang akhirnya berpengaruh pada kekuatan sistem kekebalan tubuh. Sistem imun tubuh bisa melawan bibit penyakit dan mencegah kerusakan sel sehingga bisa mencegah datangnya kanker.

Penyakit lain yang bisa dicegah dengan kebiasaan tidur lebih awal adalah penyakit kardiovaskular dan kanker.

Membuat Jantung Lebih Sehat
Tidur lebih awal akan membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini tentu akan membuat risiko terkena tekanan darah tinggi bisa ditekan. Hal ini juga bisa membantu mencegah datangnya stroke, penyakit jantung, dan berbagai macam penyakit kronis lainnya.

Loading...

Meningkatkan Daya Ingat
Penelitian membuktikan bahwa 7 dari 10 siswa yang tidak mendapatkan waktu tidur cukup cenderung mengalami gangguan daya ingat dan kesulitan untuk belajar. Jika kita mampu mendapatkan waktu tidur yang cukup, yakni sekitar tujuh hingga delapan jam setiap malam, akan menyebabkan dampak besar bagi fungsi kognitif dan memori otak.

Tidur dengan cukup juga bisa membuat tubuh kita mengelola memori jangka panjang dan informasi dengan lebih baik.

Mengendalikan Berat Badan
Pakar kesehatan menyebut kebiasaan tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup bisa membuat kekacauan hormon kortisol, hormon stres dan yang mengendalikan nafsu makan pada tubuh kita. Hal ini juga bisa membuat kadar gula darah menjadi kacau. Hal ini akan membuat nafsu makan kita tak terkendali dan mudah lapar.

Jika kita kemudian menuruti rasa lapar ini, maka berat badan tentu akan menjadi lebih mudah naik. Selain itu, jika sampai asupan kalori berlebihan, bisa jadi hal ini akan menyebabkan peningkatan risiko terkena obesitas dan diabetes tipe 2.

Lebih Bahagia
Tidur lebih awal bisa membuat kita lebih bahagia. Hal ini akan membuat kita bangun lebih awal dan bisa menikmati waktu pagi. Dengan bersantai sebelum melakukan kesibukan, apalagi jika masih sempat menikmati kehangatan matahari pagi, akan membuat suasana hati membaik dan menurunkan stres dengan signifikan. Kita juga akan merasa jauh lebih berbahagia.

Menurunkan Risiko Kecelakaan
Tidur lebih awal dan tidur dengan waktu yang cukup setiap malam akan membuat kewaspadaan tubuh meningkat. Hal ini akan membuat kita tidak mudah terkena kecelakaan atau melakukan hal-hal yang berbahaya.

Loading...
Loading...