Senin, 07 Oktober 2019 08:35 WITA

Ilmuwan Berhasil Ciptakan Tanaman yang Bisa Menghasilkan ASI

Editor: Suriawati
Ilmuwan Berhasil Ciptakan Tanaman yang Bisa Menghasilkan ASI
INT

RAKYATKU.COM - Para ilmuwan telah menciptakan tanaman pertama di dunia yang dapat menghasilkan 'ASI'. 

Kedengarannya aneh, karena satu-satunya sumber ASI adalah ibu menyusui. Tapi, yang dimaksud para ahli ini adalah, tanaman mereka bisa menghasilkan minyak yang struktur kimianya sama dengan lemak ASI (komponen utama ASI).

Secara ilmiah, molekul lemak susu manusia alami disebut triasilgliserol, dan itu membantu bayi mencerna nutrisi.

Jadi, peneliti mereplikasi itu dari tanaman, sehingga bayi yang ibunya tidak bisa menyusui bisa menikmati manfaat yang sama.

Proyek inovatif ini dilakukan di Rothamstead Research di Hertfordshire, salah satu lembaga penelitian pertanian tertua di dunia.

Loading...

Para ilmuwan menekankan bahwa, meskipun mereka percaya ASI adalah yang terbaik untuk anak-anak kecil, terobosan ini dapat mengarah pada peningkatan semua jenis susu formula, untuk bayi yang membutuhkannya.

"Hampir semua organisme lain tidak memiliki lemak dengan struktur yang sama dengan lemak susu manusia," kata peneliti utama, Dr Peter Eastmond.

"Harapan saya adalah, jika kami dapat menemukan metode yang lebih murah untuk menghasilkan lemak yang lebih mirip dengan struktur lemak susu manusia, maka itu akan menjadi bahan yang lebih banyak digunakan dalam susu formula bayi dan dengan biaya lebih rendah."

"Itu bisa meningkatkan susu formula bayi di masa depan," tambahnya.

Loading...
Loading...