Jumat, 04 Oktober 2019 09:23 WITA

Mengatasi Ngiler Saat Tidur

Editor: Adil Patawai Anar
Mengatasi Ngiler Saat Tidur

RAKYATKU.COM - Ngiler atau mengeluarkan air liur adalah hal yang wajar dilakukan saat kita tidur. Masalahnya adalah terkadang hal ini menyebabkan sensasi dan aroma tidak nyaman pada pipi ataupun pada bantal yang kita gunakan. Sebenarnya, apa sih penyebab utama ngiler saat tidur?

Penyebab Ngiler Saat Tidur
Pakar kesehatan menyebut dalam sehari, tubuh kita memproduksi air liur sebanyak satu liter. Kebanyakan air liur ini diproduksi untuk mendukung proses pencernaan, khususnya saat mengonsumsi makanan. Hanya saja, air liur juga memiliki fungsi lain, yakni menjaga mulut tetap lembap sehingga tidak akan menyebabkan masalah mulut kering dan memastikan bakteri tidak berkembang dengan berlebihan di dalamnya.

Sebagian besar air liur yang kita produksi akan ditelan kembali dan memasuki saluran pencernaan, namun saat tidur, terkadang mulut kita terbuka dan akhirnya membuat air liur ini tanpa disadari keluar dan membahasi pipi atau bantal.

Biasanya, kebiasaan ngiler ini terjadi saat kita sudah tidur dengan sangat nyenyak atau berada dala fase REM. Di fase ini, otot-otot tubuh sudah berada dalam kondisi yang rileks, termasuk otot yang mengendalikan pergerakan mulut. Hal inilah yang membuat mulut kemudian terbuka dan akhirnya membuat air liur keluar saat tidur.

Pakar kesehatan menyebut masalah ngiler saat tidur seringkali disebabkan oleh posisi tidur. Jika kita tidur miring, risiko terkena masalah kesehatan ini semakin meningkat. Selain itu, jika kita mengalami masalah sleep apnea atau gangguan pernapasan lainnya, risiko terkena ngiler saat tidur juga akan meningkat.

Sebagai contoh, jika kita sedang pilek dan mengalami hidung tersumbat, maka pernapasan secara alami akan dipindahkan ke mulut. Hal inilah yang kemudian menyebabkan mulut terbuka dan air liur bisa keluar.

Mengatasi masalah Ngiler Saat Tidur
Terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ngiler saat tidur.

Berikut adalah cara-cara tersebut.

Loading...

Minum Air Sebelum Tidur
Cara pertama yang bisa kita lakukan demi mencegah ngiler saat tidur adalah dengan minum segelas air putih sebelum beranjak ke kasur. Hal ini ternyata bisa membantu menjaga kelembapan mulut dan akhirnya membuat produksi air liur bisa dikendalikan. Hal ini akan memberikan pengaruh besar bagi risiko ngiler.

Menambah Bantal
Jika hanya dengan satu bantal kita cenderung mudah mengeluarkan air liur, cobalah untuk menambah bantal yang kita gunakan satu atau dua buah lagi. Hal ini diharapkan bisa memberikan kenyamanan sekaligus membuat air liur tidak mudah menetes dari mulut saat tidur.

Memperhatikan Posisi Tidur
Sebagaimana disebutkan sebelumnya, posisi tidur miring atau tengkurap akan membuat kita lebih rentan mengalami ngiler saat tidur. Cobalah untuk tidur dengan posisi telentang demi mencegah masalah ini.

Menghindari Beberapa Jenis Makanan Tertentu
Pakar kesehatan menyebut makanan dengan sifat asam atau makanan pedas jika dikonsumsi di dekat dengan waktu tidur bisa menyebabkan produksi air liur meningkat. Hal ini tentu akan membuat risiko terkena ngiler saat tidur semakin meningkat. Hal yang sama berlaku pada makanan dengan sifat manis atau memiliki kandungan gula yang tinggi.

Mencukupi Waktu Tidur Setiap Hari
Kurang tidur ternyata bisa membuat tubuh kurang fit dan akhirnya mempengaruhi kondisi tidur kita nantinya. Risiko untuk ngiler saat tidur pun semakin meningkat. Karena alasan inilah sebaiknya kita selalu tidur cukup setiap malam.

Jika berbagai tips ini sudah kita lakukan namun masalah ngiler saat tidur tidak kunjung menghilang, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter demi mengatasinya dengan obat-obatan atau terapi tertentu.

Loading...
Loading...