Sabtu, 28 September 2019 12:18 WITA

7 Manfaat Luar Biasa Buah Manggis untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
7 Manfaat Luar Biasa Buah Manggis untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Selain rasanya yang manis dan lezat, buah manggis juga dikenal karena manfaatnya yang mengesankan untuk kesehatan.

Buah tropis ini memiliki sifat anti-kanker, anti-peradangan, antioksidan, astringent, dan antibakteri, serta kaya akan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Nilai gizi manggis
100 g manggis mengandung 73 kkal energi dan 80,94 g air. Nutrisi penting lainnya adalah protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, mangan, natrium, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin A.

Manfaat manggis untuk kesehatan
1. Meminimalkan stres oksidatif
Manggis mengandung antioksidan penting seperti folat dan vitamin C. Buah ini juga mengandung xanthones, senyawa unik yang membantu meminimalkan stres oksidatif dalam tubuh.

2. Meningkatkan kekebalan
Xanthones dan vitamin C yang ditemukan dalam manggis membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Xanthones melawan radikal bebas sementara vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan jantung
Manggis kaya akan mineral seperti tembaga, magnesium, kalium, dan mangan yang membantu mengatur tekanan darah untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Loading...

Ini juga membantu mencegah timbulnya masalah kardiovaskular lainnya seperti serangan jantung.

4. Mencegah peradangan
Xanthone dan kandungan serat yang tinggi pada manggis mencegah maslaah disebabkan oleh peradangan seperti asma, hepatitis, alergi, cedera, pilek, dan lainnya.

5. Baik untuk kulit
Antioksidan buah manggis dapat mencegah kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet. Juga, vitamin C di dalamnya membantu mengobati jerawat.

6. Mengobati masalah pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam buah keunguan ini membantu meringankan sembelit. Selain itu, kulit buahnya efektif dalam mengobati diare dan masalah disentri.

7. Mengelola diabetes
mengonsumsi manggis dapat mengurangi resistensi insulin dalam tubuh karena kehadiran kandungan xanthones-nya. Selain itu, kandungan seratnya membantu dalam menstabilkan gula darah dan mengelola diabetes.

Loading...
Loading...