Minggu, 22 September 2019 23:02 WITA

Bawang Putih Bisa Turunkan Kolesterol?

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bawang Putih Bisa Turunkan Kolesterol?
Ilustrasi.

RAKYATKUCOM - Bawang putih disebut-sebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. 

Bahkan pakar kesehatan menyebut ekstrak bawang putih ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah hingga 7 persen. 

Bagi pria yang mengalami masalah kolesterol tinggi, rutin mengonsumsi ekstrak bawang putih bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 10 persen.

Sementara itu, penelitian lain menyebut konsumsi dua tablet yang berisi ekstrak bawang putih per hari secara rutin dalam jangka waktu enam pekan akan mampu menurunkan kadar kolesterol total hingga 12 persen. 

Bahkan, kadar kolesterol jahat bisa ditekan hingga 17 persen dan kadar trigliserida bisa diturunkan hingga 5 persen. Hal ini juga akan membuat kadar kolesterol baik meningkat hingga 15 persen!

Para peneliti menyebut partisipan yang terlibat dalam penelitian ini mengalami perbaikan kondisi lipih darah dengan signifikan, khususnya setelah mengonsumsi ekstrak bawang putih dalam jangka waktu empat bulan. Hal ini membuat para peneliti yakin jika bawang putih memang bisa dijadikan obat penurun kolesterol.

Hanya saja, banyak pakar kesehatan yang masih memperdebatkan hasil dari penelitian ini. Diperlukan penelitian lebih mendalam untuk benar-benar memastikan bahwa bawang putih memang bisa memberikan manfaat kesehatan ini.

Berbagai Manfaat Kesehatan Lain dari Bawang Putih

Selain bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, pakar kesehatan menyebut ada berbagai manfaat kesehatan lain yang bisa didapatkan jika kita rutin mengonsumsi bawang putih.

Dilansir Doktersehat, berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

1. Bisa Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Pakar kesehatan menyebut bawang putih ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah bagi mereka yang mengalami masalah hipertensi. Hal ini diungkap dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences.

Loading...

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa kandungan allicin di dalam bawang putih bisa memberikan dampak layaknya obat atenolol yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, terdapat kandungan polisulfida yang juga bisa membuat pembuluh darah melebar.

2. Baik bagi Kesehatan Jantung

Kemampuan bawang putih dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol bisa membuat risiko terkena aterosklerosis menurun dengan signifikan. Ha ini disebabkan oleh kemampuan bawang dalam membuat jumlah plak di dalam pembuluh darah berkurang sekaligus mencegah pembentukan plak yang baru.

Kandungan di dalam bawang putih juga mampu menurunkan kadar kalsium di dalam pembuluh darah sehingga bisa membuat kondisi jantung dan pembuluh darah lebih sehat.

3. Mencegah Kanker

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya oleh National Cancer Research Institute menghasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsi bawang putih bisa menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker layaknya kanker lambung, kanker usus besar, kanker pankeras, kanker prostat, kanker kerongkongan, hingga kanker payudara. Hal ini disebabkan oleh keberadaan kandungan sulfur yang bisa melawan pembentukan sel kanker dengan efektif.

4. Membuat Otak Menjadi Lebih Sehat

Kandungan FruArg di dalam bawang putih bisa mencegah masalah penuaan pada sel-sel otak. Hal ini juga mencegah peradangan dan stres oksidatif yang bisa membuat sel-sel otak mengalami kerusakan. Rutin mengonsumsinya akan mencegah datangnya masalah degeneratif layaknya alzheimer dan demensia.

5. Baik bagi Kesehatan Tulang

Bawang putih memiliki kandungan yang bisa mencegah pengeroposan tulang. Kita pun tidak akan mudah mengalami masalah osteoporosis dan gangguan tulang lainnya.

Loading...
Loading...