Senin, 16 September 2019 10:38 WITA

6 Alasan Baik Mengapa Anda Harus Tidur Siang Setiap Hari

Editor: Suriawati
6 Alasan Baik Mengapa Anda Harus Tidur Siang Setiap Hari
INT

RAKYATKU.COM - Selain mendapatkan tidur malam yang cukup, tubuh kita juga membutuhkan tidur siang.

Meskipun Anda memiliki rutinitas padat, upayakan untuk tidur siang sejenak. Lagi pula ini tidak memakan waktu lama, karena tidur siang yang baik hanya dilakukan 10-30 menit. Waktu tidur siang yang baik adalah tengah hari, atau sekitar jam 2-3 sore.

Berikut beberapa manfaat dari tidur siang:

1. Membantu mengelola stres 
Ketika tingkat stres melonjak, maka tekanan darah kita juga akan naik dan ini akan menyebabkan sejumlah penyakit termasuk penyakit jantung, stroke, dll.

Sebuah penelitian menemukan bahwa tidur sebentar di siang hari dapat membantu tubuh mengatasi stres dengan lebih baik. 

2. Meningkatkan memori 
Tidur siang meningkatkan ingatan dengan meningkatkan fungsi otak. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Learning and Memory menemukan bahwa tidur singkat dapat meningkatkan daya ingat seseorang. 

Loading...

3. Meningkatkan mood 
Jadwal yang sibuk dapat mempengaruhi suasana hati Anda dan tidur siang yang menyenangkan dapat memperbaikinya. 

4. Baik untuk jantung 
Sebuah penelitian di Eropa menunjukkan bahwa tidur siang di siang hari dapat menurunkan tekanan darah Anda dan menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung.

5. Meningkatkan kreativitas 
Tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik yang dapat meningkatkan memori. Ini melonggarkan ujung ketat di otak kita dan memberi kita wawasan yang lebih baik, yang mengarah pada pembentukan ide-ide yang lebih baik dan kreatif. 

6. Mencegah demensia 
Tidur siang sangat bermanfaat bagi otak Anda. Tidur sebentar di sela-sela pekerjaan bisa membuat Anda merasa kurang mengantuk dan membuat Anda lebih waspada. Ini meningkatkan fungsi kognitif Anda, sehingga mengurangi peluang Anda menderita demensia.

Tags
Loading...
Loading...