Minggu, 15 September 2019 13:09 WITA

Apakah Minum Air dari Botol yang Terpapar Sinar Matahari Buruk untuk Kesehatan?

Editor: Suriawati
Apakah Minum Air dari Botol yang Terpapar Sinar Matahari Buruk untuk Kesehatan?
INT

RAKYATKU.COM - Apa yang terjadi ketika Anda minum air yang terkena sinar matahari? Apakah baik atau buruk untuk kesehatan?

Air dan sinar matahari adalah komponen penting yang dibutuhkan untuk berfungsinya tubuh. Tapi minum air yang terpapar matahari mungkin bukan ide yang baik, apalagi jika air disimpan dalam wadah plastik.

Minum air dari botol air yang terkena sinar matahari memiliki efek negatif pada tubuh. Hal ini disebabkan adanya bahan kimia industri bisphenol-A atau BPA dalam plastik, yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Efek buruk lainnya minum air yang terpapar matahari adalah, itu dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri berbahaya karena panas ekstrem dari matahari.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry menyelidiki efek paparan sinar matahari pada migrasi kimia di air botol.

Para peneliti menggunakan air normal dalam botol PET dan air berkarbonasi. Air botolan terpapar sinar matahari dan diperiksa pada hari ke 2, 6 dan 10.

Loading...

Hasilnya menunjukkan bahwa air normal yang dibotolkan tidak menimbulkan efek berbahaya ketika terkena sinar matahari, karena tidak ada aldehida yang terdeteksi.

Tapi, air berkarbonasi mengembangkan efek berbahaya tertentu akibat paparan sinar matahari. Karena, karbon dioksida di dalam air memicu migrasi kimia.

Namun, penelitian lain yang dilakukan oleh para peneliti di Arizona State University pada tahun 2008 menunjukkan bagaimana tingkat panas yang ekstrem meningkatkan pelepasan antimon (yang bisa beracun) dalam botol PET.

Jadi untuk amannya, sebaiknya jangan minum air dari botol yang telah terpapar sinar matahari demi alasan kesehatan.

Atau gunakan alternatif lainnya seperti menyimpan air dalam kemasan tembaga, baja atau botol kaca.

Loading...
Loading...