Sabtu, 14 September 2019 22:10 WITA

Ilmuan Mulai Kembangkan Vaksi Polio yang Baru

Editor: Andi Chaerul Fadli
Ilmuan Mulai Kembangkan Vaksi Polio yang Baru

RAKYATKU.COM - Organisasi kesehatan masyarakat di seluruh dunia telah berjuang untuk pemberantasan polio global sejak tahun 1988. Melalui upaya vaksinasi besar-besaran, kejadian polio telah turun 99 persen sejak itu, dengan virus ini diberantas dari sebagian besar negara di Bumi.

Tetapi ada banyak kemunduran, dikutip dari Science Alert, Sabtu (14/9/2019).

Satu ancaman sangat serius telah muncul selama 15 tahun terakhir. Di antara populasi yang kurang divaksinasi, peningkatan jumlah kasus polio disebabkan oleh strain virus yang berasal dari satu versi vaksin itu sendiri.

Loading...

Vaksin Sabin, yang diambil secara lisan, terdiri dari virus hidup tetapi dilemahkan yang tidak akan membuat penerima resah tetapi masih akan menciptakan kekebalan yang tahan terhadap polio.

Namun, melalui perubahan genetik, virus vaksin yang melemah dapat memperoleh kembali kemampuan untuk menyebabkan polio lumpuh. Bagaimana ini terjadi dan bagaimana mencegahnya sedang dalam penelitian aktif. Vaksin baru yang sengaja dibuat untuk mencegah virus polio dari mendapatkan kembali virulensi mungkin jawabannya.

Tags
Loading...
Loading...