Selasa, 10 September 2019 15:13 WITA

Penyakit Langka Membuat Wanita ini Bisa Mendengar Suara-suara Dalam Tubuhnya

Editor: Suriawati
Penyakit Langka Membuat Wanita ini Bisa Mendengar Suara-suara Dalam Tubuhnya
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Seorang wanita di Skotlandia menderita penyakit langka, yang membuatnya bisa mendengar segala sesuatu yang terjadi di dalam tubuhnya, seperti darah yang mengalir melalui nadinya, dan gerakan matanya.

Gemma Cairns, yang berusia 32 tahun mengatakan dia mulai mendengar suara-suara itu sejak kecil. Tetapi dia baru menyadari bahwa itu tidak wajar saat remaja, setelah mengatakan kondisinya pada ibunya.

Sejak saat itu dia sudah mencari penjelasan tapi dokter tidak dapat mendiagnosis kondisinya dengan baik. Mereka hanya meresepkan obat untuk telinga yang tersumbat dan masalah hidung. Dan semua pengobatan itu tidak ada yang berhasil.

Bahkan, dia mengatakan bahwa dokter kadang menganggapnya sedikit "gila" ketika menjelaskan bahwa dia bisa mendengar aliran darah, gerakan mata, dan detak jantungnya sendiri.

"Ketika Anda mengatakan kepada seseorang 'saya bisa mendengar bola mata saya bergerak' orang-orang bertanya seperti apa suaranya dan saya mencoba memikirkan begitu banyak hal yang bisa saya uraikan, tetapi saya tidak bisa memberi tahukan suara yang terdengar mirip dengan itu,” kata Gemma.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, harus mengatasi suara-suara itu bisa sangat membuat stres. Tetapi Gemma selalu berusaha menjaga agar semua itu tidak mengganggu pekerjaan dan kehidupan sehari-harinya.

Loading...

Untungnya, dia pindah ke Glasgow pada tahun 2016, dan bertemu seorang spesialis yang akhirnya mendiagnosis dia dengan bilateral superior semicircular canal dehiscence.

Kondisi langka ini berarti bahwa Gemma kehilangan bagian dari tulang temporal kecil di kedua saluran telinganya, yang memengaruhi pendengaran dan keseimbangannya saat bergerak.

Dokter merekomendasikan dia menjalani operasi sesegera mungkin untuk memperbaiki masalahnya.

Telinga kanannya telah diperbaiki September lalu. Dan dia harus menunggu sampai bulan depan untuk operasi di telinga kirinya.

Dan jika semuanya berjalan lancar, maka dia akan berhenti mendengarkan gangguan dalam dirinya sendiri.

Loading...
Loading...