Selasa, 10 September 2019 02:00 WITA

Rendam Kaki dengan Air Garam Bisa Hilangkan Lelah, Benarkah?

Editor: Nur Hidayat Said
Rendam Kaki dengan Air Garam Bisa Hilangkan Lelah, Benarkah?
Foto: theAsianparent.

RAKYATKU.COM - Usai beraktivitas seharian, salah satu bagian tubuh yang paling terasa pegal adalah kaki. Merendam kaki dengan air garam diklaim dapat menghilangkan rasa pegal itu. 

Setelah itu, rasa lelah yang dirasakan seluruh tubuh serta pegal yang dirasakan pada bagian kaki pun diyakini akan mereda. Benarkah itu?

Manfaat mengusir pegal dan lelah dengan rendaman air garam itu dibenarkan dr Karin Wiradarma dari KlikDokter. Menurutnya, rendaman air garam biasanya menggunakan air hangat.

"Nah, air hangat itu berfungsi untuk merilekskan otot-otot yang tegang setelah dipakai beraktivitas seharian. Adapun garam bersifat antiinflamasi. Rasa nyeri otot atau pegal-pegal pun bisa reda karena hal tersebut," jelas dr Karin. 

Dengan demikian, merendam kaki dengan air garam memang efektif untuk menghilangkan lelah, sekaligus mengurangi rasa pegal.

Jika rasa pegal ingin benar-benar hilang, maka sembari merendam kaki dengan air garam, Anda juga bisa melakukan pijatan-pijatan di bagian yang terasa pegal. 

Tak ada salahnya juga untuk menuangkan minyak esensial untuk membuat air rendaman menjadi harum sekaligus menghilangkan bau tak sedap pada kaki. 

Loading...

Setelah 10-15 menit merendam kaki sambil memberikan pijatan, Anda juga bisa melanjutkannya dengan mandi air hangat agar keseluruhan tubuh bisa rileks. 

Sementara itu, dr Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter berpendapat, tak cuma bisa menghilangkan lelah dan pegal, merendam kaki dalam air garam juga memberikan manfaat, seperti:

-Menstimulasi sirkulasi tubuh
-Meredakan kram otot
-Membantu meringankan kekakuan pada persendian
-Membantu meredakan pada punggung dan tungkai akibat terlalu banyak bekerja.
-Jika kaki direndam dalam air hangat tanpa tambahan garam, itu tetap memberikan manfaat. 

Hanya, menurut dr. Alberta Jesslyn, suhu hangat pada air tidak akan bertahan lama. Dengan demikian, menambahkan garam dalam air hangat untuk merendam kaki adalah keputusan yang tepat. 

Sumber: KlikDokter

Loading...
Loading...