Rabu, 04 September 2019 12:30 WITA

Anda Pengguna Komputer? Lakukan ini untuk Mencegah Risiko Kesehatan

Editor: Suriawati
Anda Pengguna Komputer? Lakukan ini untuk Mencegah Risiko Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Banyak pekerja kantoran yang berurusan dengan komputer sepanjang hari.

Dan kita semua tahu bahwa perangkat ini bisa memberikan efek buruk pada kesehatan. Bekerja dengan komputer dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit punggung, sakit kepala, sakit bahu, gangguan penglihatan, dan banyak lagi.

Kabar baiknya, Anda dapat melakukan sesuatu untuk kesehatan Anda. Dengan mengambil beberapa langkah pencegahan, Anda dapat menghindari risiko kesehatan akibat penggunaan komputer.

1. Berjalan-jalan
Jangan duduk cantik di depan monitor. Setiap 30 hingga 40 menit berjalan-jalan di sekitar kantor, sehingga punggung dan mata Anda mendapatkan kelegaan.

2. Melihat tanaman hijau
Cobalah untuk melihat tanaman hijau alami di luar jendela atau sesuatu yang biru. Hijau dan biru adalah warna yang menenangkan mata.

Loading...

3. Berkedip
Berkedip sesering mungkin juga dapat mencegah mata kelelahan. Atau Anda juga bisa memercikkan air dingin ke mata ketika mata Anda terasa tegang.

4. Bersihkan kacamata
Jika Anda menggunakan kacamata, bersihkan setidaknya sekali sehari, karena partikel debu kecil yang menempel di kacamata bisa mengganggu penglihatan.

5. Lakukan relaksasi bahu dan punggung
Caranya: Angkat bahu Anda dan pertahankan selama 10 detik, turunkan selama 10 detik. Tundukkan kepala Anda selama 10 detik dan angkat selama 10 detik. Putar bahu lima kali searah jarum jam dan kemudian lima kali berlawanan arah jarum jam. Lakukan gerakan yang sama pada pergelangan tangan.

Langkah ini akan mendorong sirkulasi pada persendian dan menghilangkan kekakuan dan rasa sakit.

Loading...
Loading...