Selasa, 03 September 2019 15:57 WITA

Jerawat Selama Kehamilan: Perawatan dan Obat yang Harus Dihindari

Editor: Suriawati
Jerawat Selama Kehamilan: Perawatan dan Obat yang Harus Dihindari
INT

RAKYATKU.COM - Selama hamil, banyak wanita cenderung mengalami jerawat.

Anda tak perlu heran, karena ini jerawat ini adalah hasil dari perubahan kadar hormon. Namun jika Anda merasa terganggu Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menyingkirkannya.
 
Mengobati jerawat selama hamil
Pertama pastikan Anda memberikan perawatan dasar pada kulit Anda. Anda harus rutin membersihkan wajah dengan menggunakan cleanser yang lembut, tapi hindari toner dan astringen.

Karena saat hamil kulit bisa berubah menjadi lebih sensitif, jadi sebaiknya jangan menggunakan produk perawatan kulit dan kosmetik.

Ingat, produk apa pun yang Anda gunakan saat hamil, akan bisa berdampak pada kesehatan bayi Anda. Jadi, Anda benar-benar harus selektif dalam memilih kosmetik.
 
Sebelum memilih obat apa pun untuk mengobati jerawat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu!

Obat yang harus dihindari

Biasanya, dokter kulit akan meresepkan Accutane, Retin-A, dan Tetracycline pada wanita yang tidak hamil untuk mengobati jerawat. Namun, obat ini harus dihindari selama kehamilan.

Loading...

Berikut komplikasi yang bisa disebabkan oleh obat-obatan ini:

Accutane: (Kategori X) Menurut Organization of Teratology Information Services (OTIS) hampir 25-35% wanita yang terpapar Accutane selama trimester pertama kehamilan, memiliki bayi cacat.

Cacat ini dapat berkisar dari cacat kraniofasial, cacat jantung hingga cacat sistem saraf pusat. Penggunaan obat-obatan ini juga meningkatkan risiko keguguran dan kematian bayi. 

Retin-A: (Kategori C): Menurut OTIS, hampir 10 persen wanita yang menggunakan Retin-A akan menularkannya ke bayi setelah masuk melalui aliran darah. 

Tetrasiklin: (Kategori D): Menurut OTIS, tetrasiklin tampaknya menyebabkan gangguan dalam pertumbuhan tulang yang dapat menyebabkan perubahan warna gigi pada bayi.

Loading...
Loading...