Rabu, 04 September 2019 08:00 WITA

Penyebab Mata Bengkak pada Anak dan Cara Mengatasinya

Editor: Adil Patawai Anar
Penyebab Mata Bengkak pada Anak dan Cara Mengatasinya

RAKYATKU.COM - Mata bengkak merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi pada anak. Mata bengkak pada anak biasanya disebabkan oleh virus penyebab pilek.

Meski sebagian besar mata bengkak bukanlah kondisi yang berbahaya, namun apabila mata anak menjadi merah atau bengkak yang besar, terasa sakit, hingga menurunnya penglihatan, seorang anak harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Penyebab Mata Bengkak pada Anak
Mata bengkak pada anak, khususnya pada balita, bisa membuat anak menjadi rewel. Hal ini kadang membuat orang tua resah karena anak balita tidak bisa menceritakan dengan jelas apa yang ia rasakan.

Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan mata bengkak pada anak, di antaranya:

1. Alergi
Alergi diketahui dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah mata bengkak. Beberapa penyebab alergi antara lain: asap rokok, debu, bulu hewan dan histamin. Histamin adalah zat kimia yang diproduksi oleh sel-sel tubuh ketika mengalami reaksi alergi atau infeksi.

Histamin membuat pembuluh darah di mata membesar dan membengkak, sehingga mata menjadi merah dan berair. Alergi mata berkembang ketika mata melepaskan ‘mediator’ kimiawi untuk melindungi mata dari alergen.

2. Infeksi
Memasuki usia satu bulan, bayi akan mengembangkan kemampuan untuk menghasilkan air mata ketika menangis. Di waktu ini, beberapa bayi mengalami penyumbatan saluran air mata. Hal itu akan membuat mata anak berkaca-kaca, namun tidak menyebabkan mata bengkak pada anak atau mata merah.

Namun, jika mata menjadi merah atau bengkak, hal itu bisa menjadi tanda adanya infeksi. Di saat inilah Anda harus segera memeriksakan anak ke dokter spesialis mata.

3. Konjungtivitis
Konjungtivitis atau disebut ‘pink eye‘ adalah peradangan pada selaput yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata bagian dalam (konjungtiva mata). Konjungtivitis sendiri akan menimbulkan mata merah, mata bengkak pada anak, mata gatal, hingga mata berair. Meski begitu, penglihatan anak tidak akan terganggu saat mengalami konjungtivitis.

Pada beberapa kasus, konjungtivitis sering kali disebabkan oleh infeksi virus. Selain virus, konjungtivitis juga bisa disebabkan oleh bakteri dan alergi.

4. Kalazion
Kelopak mata bengkak pada anak bisa disebabkan karena adanya kalazion. Kalazion adalah benjolan kecil yang muncul di kelopak mata akibat adanya penyumbatan kelenjar minyak dan kelenjar meibom.

Pada awalnya kalazion seperti bintil tetapi kemudian dapat berkembang menjadi kista sebaceous yang keras dan berkembang menjauh dari kelopak mata. Selain menyebabkan mata bengkak pada anak, kondisi ini juga bisa menimbulkan nyeri di area yang terkena.

5. Cedera
Setiap trauma pada area mata, termasuk memar pada kelopak mata dan trauma yang disebabkan oleh pembedahan kosmetik (blepharoplasty), dapat memicu peradangan dan mata bengkak.

6. Orbital Cellulitis
Orbital cellulitis atau selulitis orbital adalah peradangan yang disebabkan oleh infeksi di rongga sinus. Kondisi ini bisa menyebabkan mata bengkak pada anak dan orang dewasa. Pembengkakan yang terjadi di kelopak mata dan kulit sekitar mata akan terasa menyakitkan.

Loading...

Selain disebabkan oleh infeksi di rongga sinus, mata bengkak pada anak juga bisa disebabkan karena infeksi jaringan lain seperti bola mata, kelopak mata, atau saluran pernapasan bagian atas.

7. Penyakit Graves
Penyakit Graves adalah gangguan autoimun yang bisa menyebabkan peradangan pada mata. Gangguan autoimun ini membuat kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh.

Selain mata bengkak pada anak, kadar hormon tiroid yang berlebih bisa menyebabkan gangguan lain pada tulang, jantung, otot, kesuburan, kulit, dan siklus menstruasi. Pada beberapa kasus, penderita Grave mengalami gejala khas yaitu Graves oftalmopati yang memengaruhi jaringan dan otot di sekitar mata.

Gejalanya antara lain: mata terasa kering, mata menonjol, sensitif terhadap cahaya, penglihatan ganda, hingga hilangnya penglihatan.

8. Gigitan Serangga Dekat Mata
Gigitan serangga ternyata bisa menyebabkan mata bengkak pada anak. Penyebab mata bengkak paling umum disebabkan oleh gigitan nyamuk. Pembengkakan biasanya bertahan selama beberapa hari dan menyebabkan warna kemerahan di area yang digigit. Pembengkakan besar sering terjadi pada usia 1-5 tahun.

Cara Mengatasi Mata Bengkak pada Anak
Penanganan mata bengkak pada anak sebenarnya tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Dokter mata bisa meresepkan obat atau merekomendasikan obat tetes mata yang dijual bebas di pasaran.

Umumnya, jika mata Anda bengkak karena alergi, obat tetes mata antihistamin atau obat alergi oral bisa membantu meringankan gejala. Dokter mata juga dapat merekomendasikan obat tetes steroid ringan untuk reaksi alergi yang lebih parah.

Sedangkan penyebab kelopak mata bengkak pada anak lainnya seperti infeksi konjungtivitis atau herpes okular, penggunaan obat tetes mata atau salep anti-virus, anti-inflamasi atau antibiotik bisa disarankan oleh dokter.

Selain obat-obatan, pengobatan rumahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata bengkak pada anak, antara lain:

1. Kompres dingin
Cara mengatasi mata bengkak pada anak yang dapat dengan mudah dilakukan adalah dengan mengompres. Tempelkan handuk basah dingin ke area mata yang bengkak. Selain dengan handuk, Anda juga bisa menempelkan sendok dingin yang sebelumnya diletakan di kulkas atau es batu–kemudian menggunakan bagian bawah sendok untuk memijat area yang bengkak.

2. Kantong Teh
Teh mengandung kafein yang dapat membantu mengeluarkan air dari area bawah mata dan mengempiskan pembengkakan. Cobalah rendam dua kantong teh dalam air dingin. Setelah itu, tempatkan kantong teh di atas kelopak mata sambil berbaring selama 15 hingga 20 menit.

3. Pijat Wajah
Cara mengatasi mata bengkak pada anak lainnya yang bisa dicoba adalah dengan melakukan pemijatan dengan bantuan jari atau roller wajah yang terbuat dari logam. Sebelum menggunakan roller wajah, akan lebih baik jika didinginkan terlebih dahulu. Pijat lembut area sekitar mata untuk mengeluarkan cairan mata yang berlebih.

Loading...
Loading...