Minggu, 01 September 2019 14:58 WITA

Empat Penyakit yang Bisa Anda Dapatkan dari Berenang di Kolam

Editor: Suriawati
Empat Penyakit yang Bisa Anda Dapatkan dari Berenang di Kolam
INT

RAKYATKU.COM - Berenang dianggap sebagai salah satu pilihan olah raga terbaik. Ini tidak hanya mempercepat penurunan berat badan tetapi juga membantu Anda rileks.

Berenang dapat membakar kalori, mengencangkan otot, dan menjaga jantung tetap sehat dan memompa dengan baik.

Namun, kolam renang juga bisa menjadi tempat berkembangnya beberapa penyakit. Berikut ini beberapa penyakit berbahaya yang bisa Anda dapatkan dari kolam:

1. Ruam
Meskipun berenang bisa menjadi hal yang bagus untuk pikiran dan tubuh, itu juga bisa menjadi membuat tubuh Anda ruam dan gatal-gatal.

Ini bisa disebabkan oleh bakteri yang ada di kolam renang umum. Unsur-unsur tertentu bereaksi dengan kulit Anda, yang dapat menyebabkan gatal, dan kemerahan.

Jika ruam-ruam ini tidak ditangani tepat waktu, itu dapat menyebabkan bisul-bisul atau lecet, yang mungkin membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk menghilang.

Untuk mengatasi hal ini, jangan lupa untuk mandi setelah berendam di kolam renang. Juga, gunakan sabun atau desinfektan untuk mencuci pakaian renang Anda setiap selesai berenang.

2. Masalah Pernafasan
Masalah pernapasan atau paru-paru cukup umum terjadi jika Anda seorang perenang. Ini bisa disebabkan oleh kurangnya kebersihan atau jumlah klorin yang dihirup saat berenang.

Bahkan jika kolam terlihat bersih, bisa jadi ada ancaman kuman, termasuk Legionella, yang bisa dengan mudah terhirup saat berenang.

Loading...

Kuman khusus ini bertanggung jawab atas beberapa masalah pernapasan dalam tubuh.

Jika Anda merasa tidak nyaman segera setelah berenang, segera berkonsultasi dengan dokter.

3. Otitis eksterna
Saat kita berenang, air biasa masuk ke mata, telinga, dan hidung. Air yang masuk ke telinga dapat menyebabkan suatu kondisi yang disebut Otitis eksterna atau Telinga Perenang.

Dalam hal ini air yang masuk ke saluran telinga menyebabkan infeksi bakteri dan jamur karena kelembaban yang berlebihan. 
Telinga Perenang dapat memiliki gejala seperti bengkak, gatal, dan sakit yang mengerikan di telinga.

4. Diare
Infeksi diare adalah bentuk penyakit yang paling umum, yang dapat diperoleh dari kolam renang. Ini terjadi ketika perut Anda bereaksi dengan air kolam yang masuk melalui mulut Anda.

Kuman penyebab penyakit seperti E.coli, Shigella, cryptosporidium norovirus umum ditemukan di kolam renang umum, yang menyebabkan diare akut.

Kuman-kuman ini dapat tumbuh di dalam tubuh selama 4-5 hari dan menyebabkan infeksi parah.

Loading...
Loading...