Senin, 26 Agustus 2019 10:49 WITA

Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Perubahan Suasana Hati Pada Pria

Editor: Suriawati
Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Perubahan Suasana Hati Pada Pria
INT

RAKYATKU.COM - Perubahan suasana hati biasa terjadi pada pria dan wanita. Berbagai penelitian menyatakan bahwa perubahan suasana hati pada wanita dapat dengan mudah dideteksi daripada pria karena wanita menyatakannya terus-menerus, sementara pria berupaya mengendalikannya.

Tapi, bukan berarti pria tidak merasakan apa-apa. Mereka benar-benar merasakan segalanya, kebahagiaan, kesakitan, kemarahan, dan setiap emosi. 

Perubahan suasana hati terjadi karena adanya perubahan keseimbangan hormon di dalam tubuh. Peningkatan dan penurunan kadar bahan kimia tertentu dapat memiliki efek signifikan pada emosi pria.

Namun perubahan suasana hati pria kurang dramatis dan durasinya lebih rendah dibandingkan wanita. Itu biasanya tergantung pada seberapa banyak penurunan hormon testosteron mereka.

Perbedaan antara depresi dan perubahan suasana hati
Depresi dan perubahan suasana hati adalah dua hal yang sangat berbeda.

Loading...

Depresi biasanya merupakan akibat dari dampak dari penyebab eksternal seperti rasa sakit fisik, kematian orang yang dicintai atau kehilangan pekerjaan. Sementara perubahan suasana hati dipicu oleh gangguan keseimbangan hormon yang terjadi di dalam otak.

Bagaimana mengidentifikasi perubahan suasana hati? Jika Anda mengalami emosi berikut, maka itu berarti Anda sudah mengalaminya:

  • Jika Anda merasa cemburu pada orang terlalu sering
  • Jika Anda merasakan kemarahan dan amarah yang ekstrem
  • Tidur karena kecemasan
  • Paranoia akut atau ketakutan
  • Obsesi dengan sesuatu atau seseorang
  • Kurang berpikir rasional

Cara mengontrolnya
Olahraga apa pun dapat membantu Anda menjaga kadar testosteron tetap seimbang. Hubungan seksual juga dapat membantu Anda mengatur perubahan suasana hati yang agresif.

Selain itu, Anda dapat menggunakan metode `tanyakan pada diri sendiri 'untuk mengendalikan suasana hati Anda. Dengan bantuan dari metode ini, Anda akan memaksa otak untuk mulai berpikir secara rasional. 

Loading...
Loading...