Senin, 26 Agustus 2019 06:30 WITA

9 Khasiat Minum Air Hangat Saat Bangun Tidur

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
9 Khasiat Minum Air Hangat Saat Bangun Tidur
Ilustrasi.


RAKYATKU.COM - Mengawali hari dengan kebiasaan sehat bisa dimulai dengan cara sederhana. Cukup dengan minum air putih. Minum air putih di pagi hari ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Minuman saat bangun tidur yang paling populer adalah kopi dan teh. Bahkan kopi digadang-gadang sebagai minuman pemberi energi sekaligus semangat. Tak heran banyak orang sangat tergantung pada minuman ini untuk memulai hari. Sementara air putih hanya dilihat sebagai minuman bermanfaat saat ditambah dengan lemon, jahe atau madu.

Padahal dengan minum air hangat saat bangun tidur dan malam hari bisa mendapatkan khasiat sehatnya. Dianjurkan air putih bukan air putih mendidih tetapi air putih dengan suhu 50-60 C. 

Dilansir Detikcom, berikut ini manfaat sehat minum air putih hangat di pagi hari. 

1. Membersihkan pencernaan

Yang menyegarkan tentulah minum air dingin terutama saat haus. Tetapi minum air hangat bisa membersihkan pencernaan sekaligus membuang racun. Minum air hangat saat bangun tidur bisa memperlancar pencernaan sehingga rangsangan BAB akan lebih cepat.

Air hangat akan membenatu tubuh membersihkan semau yang kamu makan dan tidak bisa tercerna dengan baik. Kamu bisa minum air hangat saat menyantap sarapan.

2. Menurunkan berat badan

Punya sedikit kelebihan berat badan karena sering ngemil? Salah satu keuntungan minum air hangat bisa membantu diet. Terutama jika air hangat diminum di pagi hari.

Air hangat akan menaikkan temperatur tubuh yang akan menaikkan metabolisme dan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori. Seperti disebutkan, air hangat akan memperlancar pencernaan dan cegah perut kembung.

3. Meredam stres

Merupakan hal biasa jika kamu merasa sakit, luka, kram sehingga merasa panik dan stres. Manfaat minum air hangat adalah bisa membuat lebih santai, kalem dan mengendurkan saraf pusat. Air hangat akan membuat kamu rileks dan menedam rasa sakit.

4. Memperlancar peredaran darah

Mandi air hangat sebenarnya seperti sedang di spa. Bisa mengendurkan otot-otot yang kaku dan membantu aliran darah dan sirkulasi darah. Minum air hangat juga bisa mendapatkan efek yang sama. Jika diminum sebelum tidur akan membuat tidur lebih nyenyak.

Loading...

5. Melegakan hidung tersumbat

Saat hidung tersumbat dan radang, minum vitamin C dan istirahat bisa mengurangi rasa sakit. Tetapi dengan minum air hangat bisa memberi manfaat lain. Uap hangat air akan melegakan hidung dan mengeluarkan lendir sehingga lebih lega. Juga menghilangkan rasa sakit. Air hangat juga bisa melegakan ternggorokan karena lendir dari hidung yang tersumbat.

6. Menghidrasi tubuh

Minum air hangat sama efeknya dengan minum air putih biasa atau air dingin. Air harus dikonsumsi dalam jumlah tertentu agar menghidrasi tubuh. Tambahkan asupan air hangat agar tubuh tetap mendapatkan manfaat sehatnya.

Paling gampang, minumlah segalas air hangat saat akan tidur dan saat bangun tidur. Jika dilakukan rutin akan menjamin tubuh cukup cairan.

7. Baik untuk kesehatan gigi

Dibandingkan minum air dingin, minum air hangat akan sangat baik untuk gigi. Biasakan minum air hangat beberapa kali sehari. Pastikan air tidak terlalu panas tetapi bersuhu 50 C agar gigi tak rusak.

8. Mencegah penuaan dan mencerahkan kulit

Manfaat besar minum air hangat bisa membantu mencegah penuaan dini seperti keriput halus pada kulit, kulit kering dan noda hitam. Juga bisa mencerahkan kulit kusam. Air hangat akan membersihkan racun dalam tubuh , menjaga usus tetap sehat. karena menumpuknya racun dalam tubuh bisa memicu penuaan.

Konsumsi air hangat bisa memperbaiki sel-sel kulit yang rusak sehingga kulit jadi segar dan bersih dari noda.

9. Menumbuhkan rambut

Rutin minum air putih hangat juga bisa menumbuhkan dan menyehatkan rambut. Rambut akan lebih lembut, bercahaya dan bertumbuh dengan baik. Air hangat akan memberi energi pada saraf akar rambut sehingga rambut bertumbuh subur.

Selain itu juga membuat kulit kepala terhidrasi dan lembap sehingga mencegah rambut kering dan tumbuhnya ketombe.

Loading...
Loading...