Minggu, 25 Agustus 2019 08:57 WITA

5 Masalah Kesehatan Mulut dan Cara Mencegahnya

Editor: Suriawati
5 Masalah Kesehatan Mulut dan Cara Mencegahnya
INT

RAKYATKU.COM - Mulut adalah tempat berkembang biaknya bakteri. Ini aktif setiap saat dan dapat menyerang gigi sehat Anda kapan saja.

Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa menyikat gigi saja sudah cukup untuk merawat kesehatan gigi dan mulut, sayangnya tidak. Dan jika tidak dirawat dengan baik, kita bisa menghadapi berbagai masalah kesehatan.

Berikut lima masalah mulut umum, dan cara mencegahnya:

1. Sariawan
Sariawan adalah jenis infeksi virus, berupa lepuh kecil yang biasanya muncul di dan sekitar mulut.

Ini bisanya akan sembuh dalam waktu sekitar 7-10 hari. Kondisi ini tidak serius tetapi bisa berakibat fatal jika seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

2. Kerusakan gigi 
Kerusakan gigi terjadi ketika karbohidrat yang Anda makan berubah menjadi asam. Bakteri dan asam ini membentuk plak pada gigi dan menciptakan lubang pada gigi.

3. Periodontitis (Penyakit gusi)
Periodontitis adalah penyakit gusi yang meradang, yang terjadi karena penumpukan bakteri pada permukaan gigi.

Loading...

Seiring waktu itu menyebabkan kehilangan gigi dan mempengaruhi gusi. Pada akhirnya kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan masalah kesehatan lainnya. 

4. Mulut kering 
Mulut kering bukanlah masalah serius, tetapi merupakan gejala dari kondisi medis yang mendasarinya. Itu terjadi ketika kelenjar air liur tidak dapat menghasilkan air liur yang cukup.

Air liur membantu memecah makanan dan melindungi mulut terhadap kerusakan gigi dan penyakit gusi. Penyebab utama mulut kering adalah dehidrasi, tetapi dalam beberapa kasus, itu juga bisa disebabkan oleh diabetes. 

5. Bau mulut 
Mulut yang tidak sehat menyebabkan perkembangan bakteri di antara gigi dan di sekitar gusi. Bau mulut yang persisten juga bisa menjadi gejala penyakit gusi. 

Cara mencegah terjadinya penyakit mulut
Untuk melindungi mulut dan gigi Anda dari infeksi atau penyakit, Anda perlu menjaga kebersihan mulut dan menjaga kesehatan gigi dan gusi, dengan cara berikut:

  • Sikat gigi Anda dua kali sehari secara teratur. 
  • Lakukan flossing setiap hari.
  • Lakukan pemeriksaan gigi rutin untuk menjaga kesehatan mulut.
  • Makan makanan yang sehat serta hindari minuman manis dan asam, karbohidrat dan makanan lengket. 
  • Gunakan obat kumur dan bersihkan lidah Anda secara teratur. 
  • Berhenti merokok.
  • Minum banyak air.
Loading...
Loading...