Kamis, 22 Agustus 2019 08:58 WITA

Gejala Awal Kanker Tulang di Kaki yang Sering Diabaikan

Editor: Suriawati
Gejala Awal Kanker Tulang di Kaki yang Sering Diabaikan
INT

RAKYATKU.COM - Anda mungkin jarang mendengar tentang kanker tulang. Tapi tahukah Anda bahwa kasus kematian akibat kanker tulang telah meningkat akhir-akhir ini.

Sebagian besar kasus kanker tulang terjadi di kaki dan pergelangan kaki. Yang mengkhawatirkan, banyak orang mengabaikan gejala awal penyakit ini karena menganggapnya sebagai masalah sehari-hari yang biasa.

Ada dua jenis kanker tulang, yaitu primer dan sekunder. Kanker tulang primer terjadi ketika sel kanker terbentuk di tulang, sementara sekunder adalah ketika sel kanker bermetastasis melalui pembuluh darah untuk mempengaruhi saraf dan jaringan di tulang.

Berikut adalah gejala awal kanker tulang di kaki dan pergelangan kaki yang tidak boleh Anda abaikan:

1. Benjolan dan pembengkakan
Pembengkakan di kaki atau pergelangan kaki akan bertambah kuat seiring waktu. Itu karena sel-sel kanker, baik primer atau sekunder menyerang sel-sel tulang, memasuki sumsum fibrosa dan memengaruhi produksi sel darah merah atau resistensi sel darah putih.

Ketika kekebalan melemah, kekuatan sel kanker meningkat sehingga meningkatkan pembengkakan atau benjolan di kaki.

Loading...

2. Fraktur tulang
Fraktur pada tulang juga bisa menjadi gejala signifikan yang menunjukkan bahwa tubuh Anda mungkin sedang diserang kanker tulang.

Sel-sel kanker memiliki potensi untuk melemahkan tulang dan menyebabkan patah tulang. Meskipun tidak ada tekanan eksternal atau kecelakaan, tulang-tulang bisa pecah karena tekanan kuat yang diberikan oleh sel-sel kanker. 

Tulang juga cenderung kehilangan kelenturannya, terutama di sekitar persendian.

3. Nyeri kaki
Pasien mungkin mengalami nyeri kaki, yang disebabkan oleh melemahnya tulang. Rasa sakit kemungkinan besar dialami pada malam hari atau ketika Anda terlibat dalam pekerjaan fisik. 
Rasa sakit di kaki lebih mungkin meningkat seiring dengan berlalunya waktu dan seiring dengan pertumbuhan kanker.

Jadi jika Anda merasakan sakit yang terus-menerus selama beberapa minggu, akan sangat bijaksana untuk bertemu dengan dokter.

Tags
Loading...
Loading...