Selasa, 20 Agustus 2019 14:48 WITA

Mengasuh Cucu Bisa Membuat Nenek Panjang Umur

Editor: Suriawati
Mengasuh Cucu Bisa Membuat Nenek Panjang Umur
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian baru menemukan bahwa mengasuh cucu dapat membantu kakek dan nenek hidup lebih lama.

Menurut peneliti ini, nenek yang mengasuh cucu mereka memiliki risiko kematian 37% lebih rendah dibandingkan dengan orang lain yang tidak terlibat dalam pengasuhan.

"Mengasuh dapat memberi pengasuh tujuan hidup karena pengasuh mungkin merasa berguna bagi orang lain dan bagi masyarakat," kata peneiti, Bruno Arpino, seorang profesor di Universitas Pompeu Fabra di Barcelona, ??Spanyol.

Penelitian ini dilakukan pada lebih dari 500 peserta yang berusia 70 tahun ke atas. Mereka mengikuti wawancara dengan para ahli dan beberapa tes medis di rumah mereka. Itu dilakukan setiap 2 tahun antara 1990 hingga 2009.

Selama penelitian, mereka ditanya tentang frekuensi merawat cucu mereka dalam satu tahun terakhir. Jawaban mereka kemudian dicatat pada skala satu sampai tujuh.

Loading...

Hasilnya mengungkapkan bahwa dalam 20 tahun, risiko kematian sepertiga lebih rendah untuk kakek-nenek yang merawat dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka dengan cucu-cucu mereka.

Penelitian ini juga menemukan bahwa menjadi kakek dan nenek dapat membantu kesejahteraan kesehatan seseorang dengan meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan mental mereka.

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Evolution and Human Behavior pada tahun 2016.

Loading...
Loading...