Jumat, 16 Agustus 2019 03:00 WITA

Selain Stres Berkurang, Seks Orgasme Bisa Membuat Kulit Semakin Bersinar

Editor: Adil Patawai Anar
Selain Stres Berkurang, Seks Orgasme Bisa Membuat Kulit Semakin Bersinar

RAKYATKU.COM -  Seks tak ada artinya tanpa orgasme. Orgasme merupakan salah satu poin penting dalam berhubungan intim, yang bisa berdampak besar pada kehidupan pasangan suami-istri.

Mencapai klimaks juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Dengan melepaskan hormon endorfin secara rutin, kamu bisa meningkatkan kesehatan mental dan fisik, dan tentu saja, makin 'lengket'.

Dirangkum dari Metro UK, berikut deretan manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari orgasme:

1. Tidur jadi nyenyak
Usai orgasme, kebanyakan orang merasa sangat mengantuk. Selain seks sebagai olahraga, saat orgasme tubuh juga melepaskan beberapa kimi termasuk oksitosin dan serotonin yang merupakan hormon rasa senang.

Selain itu ada juga hormon norepinefrin, vasopresin dan prolaktin yang bisa membuatmu sangat rileks jika bekerja bersama. Makanya bisa membuatmu langsung jatuh tertidur usai 'pergulatan panas' di ranjang.

Kadar estrogen dalam tubuh wanita juga meningkatkan selama orgasme dan setelahnya. Hormon ini membantu memperbaiki siklus REM, yang berarti bisa membuat tidur lebih nyenyak.

2. Stres berkurang
Inilah alasan mengapa malam hari usai bekerja menjadi waktu yang sering dipilih pasutri untuk berhubungan intim. Seks bisa mengurangi kadar stres di otak karena pelepasan hormon oksitosin yang memberikan sinyal untuk membuatmu lebih tenang dan sedikit bahagia.

Hormon ini juga yang membuat ikatan antara ibu dan anak, sementara dopamin mengatur respons emosional dan juga menyebarkan rasa senang. Jika kamu adalah orang yang sulit mencapai atau tak menyukai orgasme, sebagai gantinya bisa berlari sebelum tidur, di mana ahli menyebut hampir sama efeknya seperti orgasme.

3. Mengurangi nyeri
Beberapa studi menyebutkan orgasme bisa membantu mengurangi nyeri dan rasa sakit. Salah satunya adalah studi yang dilakukan University of Munster di Jerman tahun 2013, bahwa mengalami orgasme saat seks bisa memgurangi migrain dan sakit kepala.

Loading...

Namun dalam studi tersebut juga dikatakan bahwa pengidap migrain sebanyak 33 persen melaporkan orgasme membuat gejalanya memburuk, sehingga perlu dicatat efek ini tak berlaku untuk semuanya.

4. Menyehatkan jantung
Shamir Patel, ahli farmasi dan pendiri Chemist 4 U menyebutkan orgasme tak hanya menyenangkan dan menggembirakan, namun juga menyehatkan. Salah satunya, saat kita berhubungan intim maka denyut jantung akan meningkat.

Artinya bagus bagi jantung, dan ketika mencapai orgasme, denyut jantung mencapai tingkat yang sama seperti kita melakukan olahraga ringan, seperti berjalan cepat.

5. Kulit makin bersinar
Ingin kulit bersinar tanpa menggunakan skincare? Bagi para pasutri yang rutin melakukan hubungan intim, manfaat ini pasti akan terasa. Orgasme melalui seks bisa membantu kulit semakin bersinar.

Secara medis, aliran darah akan meningkat selama seks dan orgasme, yang berarti ada oksigen lebih yang terpompa di sekujur tubuh. Aliran darah yang meningkat ini juga yang menyebabkan kulit memerah yang dialami orang saat dan setelah seks.

Selain itu, aliran darah ini bisa menstimulasi produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang diketahui baik untuk kulit. Dan karena bisa membantu tidur nyenyak dan mengurangi stres, maka kesehatan kulitmu akan terjamin.

6. Makin langgeng!
Setelah deretan manfaat kesehatan, orgasme bisa membantu merekatkan hubungan suami-istri. Adanya rasa percaya yang ditunjukkan saat berhubungan intim bisa membantu pasutri semakin dekat, dan juga ada rasa puas saat melihat pasangan orgasme karena berarti mereka menunjukkan bagian paling pribadi kepadanya.

Tak hanya itu, tetap dekat dan personal dengan diri sendiri juga bisa membuat dirimu merasa semakin percaya diri dan selaras dengan tubuh serta pikiranmu.

Tags
Loading...
Loading...