Sabtu, 10 Agustus 2019 16:39 WITA

Waspada Ibu! Gadis 5 Tahun ini Lumpuh Sementara Karena Digigit Kutu

Editor: Suriawati
Waspada Ibu! Gadis 5 Tahun ini Lumpuh Sementara Karena Digigit Kutu
Kelumpuhan tick

RAKYATKU.COM, OHIO - Seorang gadis berusia 5 tahun, dari Cincinnati, Ohio, menderita kelumpuhan sementara akibat gigitan kutu.

Averey Mell dibawa ke Rumah Sakit Anak Cincinnati awal bulan ini setelah jatuh tertelungkup di lantai kamar mandinya.

Ibunya, Sami Mell, mengatakan kepada Fox 19 bahwa belakangan ini putrinya tidak bisa menyuapi dirinya sendiri dan mengalami kesulitan bernapas.

Dokter pada awalnya tidak yakin apa yang terjadi pada gadis muda itu, sampai ibunya menemukan dua kutu Dogwood bersembunyi di belakang telinga putrinya.

Rupanya gadis kecil itu menderita kelumpuhan tick, yang menyebabkan kehilangan fungsi otot. Ini biasanya disebabkan oleh lima spesies kutu.

Kelumpuhan tick terjadi ketika kutu betina yang membesar dan berat (penuh telur) menghasilkan neurotoksin dalam kelenjar ludahnya dan mentransmisikannya ke inangnya selama makan," demikian penjelasan American Lyme Disease Foundation.

Loading...

Gejala kondisi ini sering termasuk kelelahan, mati rasa pada kaki dan nyeri otot.

"Kelumpuhan berkembang pesat dari bawah ke atas. Dan, jika kutu tidak dihilangkan, itu akan diikuti oleh kelumpuhan lidah dan wajah," tambah yayasan.

Bahkan, dalam kasus yang parah, kondisi ini dapat menyebabkan kejang-kejang, kegagalan pernapasan dan bahkan kematian.

Karena racun hanya dapat dilepaskan ketika kutu menempel pada inangnya, gejala penyakit ini biasanya akan berkurang dengan cepat begitu parasit dihilangkan.

Mell mengatakan putrinya membaik tak lama setelah kutu itu dihilangkan.

Loading...
Loading...