Sabtu, 10 Agustus 2019 09:45 WITA

Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Saat Sakit Perut

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Saat Sakit Perut
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup merepotkan. Tak hanya membuat perut terasa sakit dan tidak nyaman, kita bahkan akan kesulitan untuk melakukan aktivtas sehari-hari karena harus berkali-kali melakukan buang air besar.

Demi mengatasinya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengatur kembali pola makan demi meredakan gangguan pencernaan.

Selain dengan mengonsumsi makanan yang membuat perut menjadi lebih nyaman, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menghindari beberapa jenis makanan yang berpotensi membuat sakit perut menjadi semakin parah.

Dilansir laman Doktersehat, berikut adalah berbagai makanan tersebut.

1. Susu

Ternyata, saat diare kita sebaiknya menghindari konsumsi susu terlebih dahulu. Meskipun kita sangat menyukainya dan minuman ini bisa menyediakan berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh, dalam realitanya susu bisa memperberat sakit perut dan diare yang sedang diderita. Kondisi ini disebabkan oleh keberadaan kandungan laktosa, sejenis gula alami yang cukup sulit untuk diolah dalam saluran pencernaan.

Bagi sebagian orang yang mengalami intoleransi laktosa atau kondisi tubuh yang tidak bisa mengolah laktosa, konsumsi susu bahkan bisa memicu masalah diare atau perut kembung. Karena alasan inilah kita memang sebaiknya menghindarinya terlebih dahulu jika terkena sakit perut.

2. Minuman berkafein

Selain susu, sebaiknya kita juga menghindari minuman dengan kandungan kafein tinggi layaknya minuman bersoda, kopi, serta teh. Kafein ternyata bisa mempengaruhi fungsi saluran pencernaan dengan signifikan. Hal ini berarti, jika kita meminumnya saat diare, bisa memperparah masalah kesehatan ini.

Jika minum soda, misalnya, kita bahkan akan mendapatkan kandungan lain, yakni asam sitrat serta natrium bernzoat yang bisa membuat kondisi pencernaan semakin memburuk.

3. Makanan pedas

Makanan pedas memang bisa memberikan sensasi mantap saat dikonsumsi, namun makanan ini juga bisa menjadi pemicu masalah sakit perut atau diare. Karena alasan inilah, jika kita sedang mengalami gangguan pencernaan, sebaiknya menghindarinya terlebih dahulu.

Loading...

Hal ini disebabkan oleh kemampuan capsaicin, kandungan di dalam cabai yang mengiritasi saluran pencernaan. Jika dikonsumsi dengan sembarangan bisa membuat diare menjadi semakin parah.

4. Makanan dengan rasa yang asam

Selain makanan pedas, kita juga harus menghindari makanan dengan sifat asam seperti jeruk, anggur, hingga beberapa jenis saus. Dampaknya jika dikonsumsi saat mengalami gangguan pencernaan sama saja jika kita mengonsumsi makanan pedas, yakni akan memperparah diare atau sakit perut yang diderita.

5. Makanan dengan kandungan lemak tinggi

Beberapa jenis makanan dengan kandungan lemak yang tinggi layaknya keju, mentega, daging merah, daging olahan, makanan cepat saji, hingga es krim ternyata juga tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sedang mengalami sakit perut. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan lemak yang membutuhkan waktu lama dan usaha keras dari saluran pencernaan untuk diolah.

Jika dikonsumsi, dikhawatirkan hanya akan membuat proses pemulihan kondisi pencernaan terganggu sehingga gangguan pencernaan tak kunjung bisa disembuhkan.

6. Bawang putih

Salah satu bumbu yang paling sering kita gunakan di makanan-makanan lokal khas Tanah Air ini ternyata juga sebaiknya dihindari terlebih dahulu saat sedang sakit perut atau terkena diare. Hal ini disebabkan oleh keberadaan senyawa fruktans di dalamnya yang dikhawatirkan bisa membuat kondisi tidak nyaman pada perut menjadi semakin parah.

7. Makanan dengan kandungan gula halus

Beberapa jenis kue, makanan olahan, dan lain-lain memiliki kandungan gula halus demi membuat rasanya menjadi semakin nikmat. Sayangnya, mengonsumsinya bisa membuat kekacauan kadar gula darah tubuh yang akhirnya berdampak langsung pada kondisi saluran pencernaan. Kita pun akan kesulitan untuk menyembuhkan gangguan pencernaan yang sedang dialami.

 

Tags
Loading...
Loading...