Jumat, 09 Agustus 2019 08:00 WITA

Beberapa Faktor Penyebab Mimisan saat Hamil

Editor: Adil Patawai Anar
Beberapa Faktor Penyebab Mimisan saat Hamil

RAKYATKU.COM - Salah satu masalah yang banyak dialami oleh ibu hamil adalah mimisan. Meski begitu, mimisan saat hamil tak perlu Anda cemaskan secara berlebihan, karena mimisan dengan intensitas ringan masih dalam kategori normal dialami oleh wanita yang sedang mengandung.

Penyebab Mimisan Saat Hamil
Pada umumnya, mimisan pada ibu hamil terjadi saat usia kehamilan memasuki trimester kedua. Pada umumnya, sering mimisan saat hamil terjadi karena adanya perubahan hormon selama masa kehamilan.

Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan mimisan saat hamil, di antaranya:

1. Perubahan hormon
Seperti penjelasan diawal, mimisan saat hamil paling sering disebabkan oleh hormon. Memasuki masa kehamilan, hormon estrogen dalam tubuh seorang wanita akan mengalami peningkatan, sehingga pembuluh darah di sekitar mukosa hidung rentan mengalami perdarahan.

2. Melebarnya pembuluh darah
Mimisan saat hamil juga bisa terjadi karena suplai darah ibu hamil mengalami peningkatan untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi janin. Kondisi ini membuat pembuluh darah ibu hamil mengalami pelebaran, termasuk pembuluh darah hidung.

3. Saluran hidung dan saluran napas membengkak
Terkait dengan pelebaran pembuluh darah, mimisan saat hamil bisa terjadi karena adanya peningkatan tekanan pada pembuluh darah halus di area hidung. Kondisi ini membuat saluran napas dan saluran hidung menjadi bengkak, sehingga menyebabkan pembuluh darah mudah pecah.

4. Dipicu penyakit lain
Mimisan saat hamil berikutnya juga bisa disebabkan oleh sinusitis, pilek, dan lain-lain. Selain itu, kondisi medis tertentu seperti gangguan pembekuan alirah darah atau hipertensi juga bisa menjadi penyebab mimisan pada ibu hamil.

Loading...

5. Suhu
Selain karena perubahan yang ada di dalam tubuh dan penyakit tertentu, mimisan saat hamil juga bisa terjadi karena seringnya Bumil berada di lingkungan yang bersuhu rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan keadaan mukosa hidung lebih kering sehingga rentan untuk mengalami perdarahan.

6. Alergi
Bagi ibu hamil yang memiliki alergi, sebaiknya Anda harus lebih waspada terhadap penyakit ini. Terdapat beberapa jenis alergi yang bisa menyebabkan mimisan saat hamil. Kondisi membran di hidung bisa terganggu jika Anda memiliki kebiasaan mengupil atau sedang mengonsumsi antihistamin.

7. Asupan vitamin C yang terbatas
Jika tubuh kekurangan vitamin C, hal itu bisa memengaruhi daya tahan tubuh ibu hamil. Kurangnya asupan vitamin C akan membuat tubuh mengalami rentan mengalami iritasi, termasuk bagian hidung.

8. Terpapar bahan-bahan kimia
Mimisan saat hamil yang sering kali tidak disadari adalah paparan bahan kimia. Jika ibu hamil terpapar asap rokok, asap kendaraan dan lainnya, hal itu bisa menyebabkan mimisan. Beberapa asap tersebut bisa mengiritasi dan membuat selaput hidung kering, sehingga mudah terluka.

9. Konsumsi obat yang mengandung pengencer darah
Mimisan saat hamil yang terakhir bisa disebabkan konsumsi obat pengencer darah seperti yang dikandung dalam aspirin, ibuprofen, atau obat-obatan lainnya. Obat ini bisa membuat darah sulit membeku. Apabila luka terjadi di pembuluh darah hidung, mimisan akan sulit untuk dihentikan.

Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya konsultasi dengan dokter mengenai obat-obatan yang ingin Anda konsumsi.

Loading...
Loading...