Kamis, 08 Agustus 2019 09:29 WITA

Apakah Anda Sering Terbangun di Tengah Malam? Kenali Penyebabnya

Editor: Suriawati
Apakah Anda Sering Terbangun di Tengah Malam? Kenali Penyebabnya
INT

RAKYATKU.COM - Tidur sangat penting untuk kesehatan. Orang dewasa perlu tidur 6-8 jam untuk mengisi daya tubuh agar fit beraktifitas pada hari berikutnya.

Tapi, ada banyak gangguan yang bisa mempengaruhi kualitas tidur, seperti sering terbangun.

Jika Anda sering mengalami ini, maka Anda tidak bisa mengabaikannya. Berikut adalah beberapa alasan di balik gangguan tidur ini:

1. Kecemasan
Orang yang menderita masalah kecemasan umumnya tidak bisa tidur nyenyak di malam hari. Sebaliknya, kurang tidur juga dapat memicu kecemasan.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa gangguan tidur dan gangguan kejiwaan saling terkait. Tidur Anda dipengaruhi oleh stres & kecemasan.

2. Reaksi obat-obatan
Beberapa obat-obatan dapat mengganggu tidur karena komposisinya mempengaruhi jam internal Anda, termasuk antidepresan, dekongestan, obat jantung, dll.

Loading...

3. Kesehatan jantung yang buruk
Tidur dan kesehatan jantung Anda sangat terkait. Ada kondisi yang disebut atherosclerosis, yang terkait dengan penyumbatan arteri yang menargetkan orang dengan gangguan tidur.

Jika Anda tidak bisa tidur nyenyak, Anda mungkin berisiko penyakit ini.

4. Lapar
Jika seseorang lapar, maka sulit untuk tidur nyenyak. Jadi, pastikan Anda selalu makan malam dengan menu sehat!

5. Aktivitas otak buruk
Aktivitas otak yang lebih baik mengurangi kemungkinan seseorang terbangun. Oleh karena itu, jika Anda menghadapi masalah tidur sepanjang malam, itu mungkin karena aktivitas otak Anda yang buruk.

6. Takut gelap
Nyctophobic adalah kondisi yang membuat seseorang takut akan kegelapan, atau lingkungan yang gelap. Orang-orang seperti itu akan ketakutan ketika lampu padam atau ketika ada kegelapan mutlak di sekitarnya. Anda perlu menilai apakah Anda berhadapan dengan nyctophobia atau tidak.

Loading...
Loading...