Senin, 05 Agustus 2019 07:00 WITA

Manfaat Minum Air Lemon Setelah Bangun Pagi

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Manfaat Minum Air Lemon Setelah Bangun Pagi
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Saat bangun tidur di pagi hari, biasanya kita akan merasa haus karena tubuh tetap mengeluarkan cairan dengan berbagai cara saat sedang tidur.

Inilah sebabnya kita disarankan untuk minum segelas air putih saat bangun tidur. Nah, selain air putih, minum air lemon di pagi hari ternyata juga bagus untuk tubuh dan memberikan berbagai manfaat.

Dilansir laman Bobo, Senin (5/8/2019), berikut manfaat minum air lemon di pagi hari:

1. Mengatasi Dehidrasi

Mungkin ada teman-teman yang kurang suka minum air putih karena rasanya yang tawar atau tanpa rasa. Akibatnya, kita cenderung akan mengonsumsi minuman manis, seperti susu, teh, atau jus saat bangun tidur.

Namun ada cara mudah yang bisa dilakukan agar tetap minum air putih di pagi hari, yaitu dengan menambahkan lemon pada air putih. Menambahkan irisan atau perasan lemon pada air yang kita minum akan memberikan rasa segar dan membuat air putih tidak lagi terasa tawar.

Selain itu, dengan menambahkan lemon pada air yang diminum, maka akan membantu kita untuk minum lebih banyak air.

2. Mengurangi Bau Mulut

Saat bangun tidur, kita akan mengeluarkan napas tidak sedap dari mulut, yang disebabkan dari munculnya bakteri karena mulut kita kering. Nah, minum segelas air lemon saat pagi hari ketika bangun tidur bisa mengurangi bau mulut.

Pertama, mulut kita akan menjadi basah oleh air lemon yang diminum, sehingga bakteri dalam mulut tidak lagi bersarang dan menyebabkan bau mulut. Kedua, lemon mengandung asam yang bisa mematikan bakteri yang membuat mulut mengeluarkan aroma tidak sedap.

3. Melancarkan Pencernaan

Loading...

Minum air lemon di pagi hari saat bangun tidur ternyata juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Air lemon bisa menjadi minuman untuk melancarkan pencernaan karena lemon punya kandungan asam untuk mencegah sembelit. Asam dalam buah lemon akan membantu menguraikan makanan dalam perut sehingga pencernaan lancar dan memudahkan buang air besar.

Namun kalau teman-teman punya gangguan pencernaan, kita sebaiknya tidak mengonsumsi air lemon saat bangun tidur, karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan kambuh.

Cara Tepat Minum Air Lemon

Agar kita mendapatkan manfaat dari minum air lemon di pagi hari, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Pertama, sebaiknya kita gunakan perasan atau irisan buah lemon segar untuk dicampurkan dalam air yang akan diminum dan bukannya ekstrak atau perasa lemon.

Ekstrak atau perasa lemon biasanya mengandung bahan-bahan atau campuran lain, sehingga manfaat asli lemon berkurang.

Cara kedua adalah meminum air lemon dengan menggunakan sedotan.

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat mengikis gigi kalau dikonsumsi terlalu banyak. Dengan meminum air lemon menggunakan sedotan, maka air lemon akan masuk langsung menuju bagian mulut dan mengurangi kemungkinan air lemon mengenai gigi.

Minum air lemon dengan takaran yang pas atau sesuai juga membantu kita mendapatkan berbagai manfaat air lemon. Takaran air putih dan lemon yang tepat adalah mencampurkan perasan setengah buah lemon dengan 250 mili liter air putih.

Loading...
Loading...