Sabtu, 03 Agustus 2019 06:00 WITA

Paling Sering Dilakukan, Tiga Campuran Kopi Ini Justru Membahayakan Kesehatan

Editor: Abu Asyraf
Paling Sering Dilakukan, Tiga Campuran Kopi Ini Justru Membahayakan Kesehatan
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Bagi sebagian orang, kopi sudah menjadi minuman wajib setiap hari. Namun, tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa campuran kopi yang justru membahayakan kesehatan.

Ada banyak jenis dan cara meminum kopi, seperti espresso yang merupakan kopi hitam murni, tanpa susu tanpa gula, atau jenis yang lebih ‘feminin’ layaknya cappuccino dan macchiatto dengan kombinasi susu dan gula.

Selain itu, beberapa orang juga mencampur kopi mereka dengan madu atau mentega untuk alternatif yang lebih sehat.  

Padahal, sebuah studi yang dilakukan sebuah universitas di Amerika Serikat menyebutkan bahwa kopi dengan gula dan susu terbukti buruk bagi kesehatan.  

Salah satu anggota tim peneliti yang juga berprofesi sebagai ahli kanker Dmitri Alden menyebutkan penambahan pemanis pada kopi akan mengurangi manfaat kopi.  

"Susu, krimer, dan gula menambah kalori dan lemak dalam kopi, dan itu kabar buruk bagi tubuh," terang Alden seperti dikutip dari Daily Mail.  

Berikut adalah tiga campuran yang mengurangi manfaat kopi: 

Loading...

1. Krimer

Menambah satu sendok krimer memang akan membuat kopi terasa lebih lembut sekaligus legit. Tapi, krimer juga sekaligus menambah asupan lemak sekaligus gula yang tidak Anda butuhkan. Hasil penelitian tim Alden menyebutkan bahwa satu sendok teh krimer mengandung 40 kalori, dua gram lemak dan enam gram gula.  

2. Susu Skim

Alternatif lain untuk mengurangi rasa getir kopi adalah dengan menambahkan susu skim. Padahal, susu skim mengandung lemak dan gula yang tinggi. Konsumsi dalam jumlah banyak bisa meningkatkan risiko obesitas dan diabetes, begitu juga jika susu tersebut dicampurkan dalam kopi. 

3. Gula

Nasgitel alias panas, legi (manis) dan kental, adalah cara meminum kopi favorit orang Indonesia. Tapi, gula justru jadi pemicu utama obesitas dan diabetes pada sejumlah peminum setiap kopi. Jika tidak terbiasa meminum kopi pahit, mengurangi jumlah gula dalam secangkir kopi, bisa menurunkan risiko terjadinya diabetes.

Loading...
Loading...