Senin, 25 April 2016 09:14 WITA

Penyebab Kapalan dan Cara Mengobatinya

Editor: Suriawati
Penyebab Kapalan dan Cara Mengobatinya
INT

RAKYATKU.COM - Kapalan biasanya terjadi akibat gesekan atau tekanan pada kulit. Kapalan bisa muncul di area-area tertentu seperti tumit, kaki, tangan atau jari. 

"Kapalan dapat muncul di mana saja pada tubuh, jika terjadi gesekan berulang, seperti ujung jari pemain gitar atau telapak tangan montir," kata Dr. Nada Elbuluk, asisten profesor dermatologi di NYU Langone Medical Center di New York City.

Elbuluk juga mencatat bahwa kapalan pada kaki biasa disalah tafsirkan sebagai kutil plantar. Ia menjelaskan,  kutil plantar memiliki titik-titik hitam kecil di dalamnya, yang sebenarnya pembuluh darah kecil. Dan, kutil plantar biasanya lebih menyakitkan ketika ditekan.

Lalu bagaimana cara mengobati kapalan? berikut caranya, menurut Dr Elbuluk

loading...

Pertama Anda bisa merendam kulit kapalan dalam air hangat selama lima sampai 10 menit atau sampai kulit jadi lembut. Kemudian, gunakan batu apung untuk menggosok kapalan. Gosok kulit kapalan dengan batu apung dengan gerakan melingkar atau ke samping untuk menghilangkan kulit mati. Tapi ingat, jangan membuang terlalu banyak kulit karena itu bisa menyebabkan perdarahan dan infeksi.

Pendekatan lain adalah untuk menerapkan pelembab lotion atau krim yang mengandung asam salisilat, amonium laktat, atau urea setiap hari. Ini akan membantu secara bertahap melembutkan kapalan.

Selain itu, Dr Elbuluk juga menyarankan agar tidak menggunakan sepatu yang sempit untuk mencegah kapalan muncul kembali. Serta rutin memotong kuku kaki.

Loading...
Loading...