Selasa, 23 Juli 2019 06:00 WITA

Sarapan Sebelum atau Setelah Olahraga, Mana yang Lebih Baik?

Editor: Nur Hidayat Said
Sarapan Sebelum atau Setelah Olahraga, Mana yang Lebih Baik?
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Makanan dan olahraga saling memengaruhi satu sama lain. Apa yang Anda makan saat sarapan akan sangat memengaruhi kondisi Anda. Terutama pada hari itu ada jadwal olahraga. Sarapan baiknya sebelum atau setelah olahraga?

Sebuah studi di Inggris yang dimuat oleh American Journal of Physiology: Endocrinology and Metabolism menemukan sarapan sebelum olahraga pagi akan memicu tubuh untuk lebih banyak membakar karbohidrat saat berolahraga. Selain itu juga bisa mempercepat penyerapan nutrisi setelah olahraga. 

Studi ini melibatkan 12 pria sehat yang melakukan 1 jam bersepeda pada pagi hari. Mereka dibagi 2 kelompok. Untuk kelompok pertama diberikan sarapan bubur susu 2 jam sebelum bersepeda. Sedangkan kelompok kedua diberi makanan yang sama, namun setelah bersepeda. 

Dari kadar gula darah dan gula dalam otot para sukarelawan, ditemukan sarapan sebelum berolahraga meningkatkan kemampuan tubuh membakar kalori saat olahraga. Selain itu juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna dan mengolah makanan yang dikonsumsi bahkan setelah olahraga usai. Gula yang dibakar saat olahraga tak hanya yang terdapat dalam darah namun juga melibatkan gula di dalam otot. 

Hal ini menyimpulkan sarapan sebelum olahraga, tubuh akan memiliki kemampuan lebih besar untuk menyimpan nutrisi dibandingkan ketika Anda sarapan usai olahraga pagi.

Loading...

Nah, kini Anda sudah tahu waktu yang tepat untuk sarapan. Terbukti sarapan sebelum olahraga bisa memberi Anda energi yang cukup untuk beraktivitas fisik. 

Selain itu, perhatikan pula asupan yang Anda konsumsi. Makanan bernutrisi yang Anda makan saat sarapan bisa menunjang performa Anda saat olahraga.

Sumber: KlikDokter

Loading...
Loading...