Kamis, 18 Juli 2019 10:34 WITA

Sering Diabaikan, Ini 6 Gejala Halus dari Serangan Jantung

Editor: Suriawati
Sering Diabaikan, Ini 6 Gejala Halus dari Serangan Jantung
INT

RAKYATKU.COM - Serangan jantung terjadi ketika aliran darah tiba-tiba terhambat ke otot jantung. Akibatnya, jantung tidak mendapat oksigen, sehingga mengganggu fungsi jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Gejala-gejala umum serangan jantung adalah nyeri atau sakit dada, keringat dingin, dan kelemahan ekstrem.

Tetapi ada tanda-tanda yang lebih halus yang Anda alami sebelum itu terjadi, dan sayangnya itu sangat mudah dilewatkan.

Jadi, jika Anda mengalami salah satu dari gejala berikut, segera kunjungi dokter!

1. Kelelahan
Stacey E. Rosen, MD, seorang ahli jantung Go Red For Women di North Shore-LIJ Health System, mengatakan bahwa kelelahan adalah salah satu gejala paling umum yang ia temukan.

“Dalam 25 tahun latihan saya, orang-orang yang berada di ambang serangan jantung melaporkan merasa lelah dan tidak dapat melakukan kegiatan yang biasa mereka lakukan,” katanya.

Selama serangan jantung, aliran darah ke jantung berkurang, memberikan tekanan ekstra pada otot, yang bisa membuat Anda merasa lelah.

Jangan takut untuk meminta dokter Anda melakukan elektrokardiogram (EKG), yang memeriksa aktivitas jantung.

2. Nyeri di punggung, lengan atau dada
Nyeri atau rasa sakit di punggung, dada atau kedua lengan sering kali merupakan tanda serangan jantung.

Seperti yang dijelaskan MyHeartSisters.org: “Ketika sel-sel otot jantung mulai kehabisan oksigen, karena arteri yang tersumbat mencegah darah beroksigen memberi makan otot itu, mereka mulai mengirimkan sinyal rasa sakit melalui sistem saraf. Otak Anda mungkin mengacaukan sinyal-sinyal saraf dengan sinyal-sinyal yang berasal dari lengan (atau rahang, bahu, siku, leher atau punggung atas) karena kedekatan saraf. "

Loading...

3. Sesak napas
Jika naik tangga biasanya tidak ada masalah, tetapi tiba-tiba Anda terengah-engah, itu bisa menandakan serangan jantung.

Jika Anda merasa sesak napas segera setelah bangun tidur, itu juga pertanda bahwa ada sesuatu yang salah.

Jantung memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh Anda, sehingga aliran darah yang terhambat ke jantung dapat memengaruhi pernapasan.

4. Mulas atau sendawa
Jika Anda mengalami mulas sesekali setelah makan, mungkin tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tetapi jika itu terjadi terus menerus, disertai dengan mulas maka itu bisa menandakan serangan jantung.

Angina, sakit dada yang terasa seperti mulas, disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke jantung.

5. Sakir perut
Gejala serangan jantung kadang-kadang dapat meniru masalah perut seperti mual, muntah, atau gangguan saluran pencernaan secara keseluruhan, terutama pada wanita.

6. Tenggorokan, leher, atau rahang tidak nyaman
Ketidaknyamanan pada leher atau rahang, atau sesak di tenggorokan yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya, dapat mengindikasikan serangan jantung.

"Sangat penting bagi penderita diabetes untuk memperhatikan perubahan halus seperti ini karena mereka mengalami kesulitan merasakan sensasi," kata Dr. Rosen.

Loading...
Loading...