Rabu, 17 Juli 2019 08:00 WITA

Sering Ngantuk Setelah Makan Nasi, Ini Penyebabnya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Sering Ngantuk Setelah Makan Nasi, Ini Penyebabnya
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Nasi merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia. Bahkan ada orang yang merasa belum kenyang jika belum makan nasi.

Namun, ada juga orang yang mengantuk atau lemas setelah makan nasi, terutama nasi putih.

Rasa kantuk dan lemas setelah makan bisa jadi salah satu reaksi tubuh terhadap proses perubahan kimia dalam sistem pencernaan.

Namun, apakah benar nasi membuat kita mengantuk?

Kandungan dalam Nasi

Nasi putih merupakan sumber kalori yang baik. Sebagian besar kalori dalam nasi berasal dari karbohidrat. Inilah sebabnya nasi dijadikan makanan pokok di Indonesia.

Selain itu, nasi juga mengandung protein, mineral, vitamin D, zat besi, serat, kalsium, riboflavin, dan tiamin. Semua kandungan ini bermanfaat untuk tubuh kita.

Meningkatkan Kadar Gula dalam Darah

Karena mengandung karbohidrat yang tinggi, nasi memiliki indeks glikemik yang tinggi. O iya, indeks glikemiks merupakan sandar yang digunakan untuk mengukur seberapa cepat makanan tertentu meningkatkan kadar gula di dalam darah.

Karena memiliki indeks glikemik yang tinggi, nasi bisa cepat meningkatkan kadar gula di dalam darah. Nah, inilah yang menyebabkan rasa kantuk muncul.

Loading...

Mengapa bisa begitu?

Rupanya, tubuh kita perlu tenaga yang lebih besar untuk memecah karbohidrat sebelum diserap oleh sel-sel tubuh.

Proses inilah yang dapat memicu peningkatan gula darah dalam tubuh.

Nah, agar kadar gula tidak terlalu banyak dalam tubuh, organ pankreas akan menghasilkan hormon yang disebut insulin.

Dilansir laman Bobo, insulin ini bisa meningkatkan kadar triptofan dalam otak. Lalu, triptofan akan meningkatkan kadar hormon bernama serotonin dan melatonin.

Serotonin membuat kita merasa tenang dan nyaman. Sementara, melatonin merupakan hormon yang diproduksi agar tubuh bisa beristirahat.

Kedua hormon inilah yang membuat kita mengantuk setelah makan nasi. Semakin banyak kita makan nasi putih, semakin banyak juga tenaga yang dibutuhkan tubuh untuk mencernanya.

Nah, biasanya rasa kantuk setelah makan nasi ini muncul karena kita makan nasi terlalu banyak. Karena itu, sebaiknya kita makan nasi secukupnya. Perbanyak makan buah dan sayur juga.

Tags
Loading...
Loading...