Minggu, 14 Juli 2019 16:52 WITA

Selain Melezatkan Masakan, 7 Rempah ini Bisa Menyembuhkan Penyakit

Editor: Suriawati
Selain Melezatkan Masakan, 7 Rempah ini Bisa Menyembuhkan Penyakit
INT

RAKYATKU.COM - Rempah-rempah umumnya digunakan di dalam dapur. Tapi, selain memberikan rasa yang unik ke dalam masakan, beberapa rempah juga memiliki khasiat obat.

Berikut tujuh rempah-rempah yang dapat digunakan untuk meminimalkan gejala dan bahkan mengobati beberapa masalah kesehatan:

1. Kayu manis
Kayu manis adalah salah satu rempah tertua, dan telah digunakan untuk pembalseman di Mesir 2500 tahun yang lalu.

Secara tradisional, kayu manis dapat digunakan untuk mengurangi kemacetan lendir dan dahak di paru-paru, serta mengobati ingusan.

2. Cengkeh
Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia. Di China, selama masa dinasti Han, para abdi dalem akan mengunyah cengkeh untuk mempermanis napas mereka sebelum berbicara kepada kaisar.

Menurut penelitian di University of Oslo, cengkeh mengandung antioksidan paling banyak per gram, dan mengandung antioksidan yang sama dengan ½ cangkir beri.

Cengkeh dapat digunakan untuk menenangkan kembung, dan sakit gigi.

3. Paprika
Tanaman paprika berasal dari keluarga yang sama dengan cabai. Ini mengandung antioksidan tinggi, termasuk betacarotene, capsanthin, quercetin dan luteolin.

Loading...

Beberapa khasiat paprika termasuk menurunkan kolesterol jahat, mengontrol diabetes, serta meredakan nyeri dan inflamasi.

4. Kunyit
India memiliki salah satu tingkat kanker usus terendah di dunia dan itu diyakini karena kunyit.

Studi menunjukkan bahwa kunyit memiliki aktivitas anti-inflamasi, antivirus, antibakteri, antijamur dan antikanker.

5. Cabai
Dalam sejarah herbalisme, cabai dikaitkan dengan beberapa perawatan yang lebih heroik. Pada awal 1800-an itu digunakan dalam dosis besar untuk memanaskan tubuh dan membersihkannya dari penyakit.

Sekarang, kita itu digunakan dalam jumlah yang jauh lebih rendah untuk meningkatkan sirkulasi darah, serta membantu membersihkan lendir dan dahak dari sinus dan saluran hidung.

6. Adas manis
Adas manis digunakan sebagai obat untuk menenangkan masalah pencernaan, dan mengurangi mual, gas, dan kembung. Adas manis juga dapat digunakan sebagai ekspektoran dan dapat digunakan untuk batuk dan pilek.

7. Jahe
Secara medis jahe adalah multitasker, digunakan untuk memerangi mual dan keluhan pencernaan, namun juga bermanfaat melawan batuk dan pilek ringan.

Loading...
Loading...