Senin, 08 Juli 2019 01:30 WITA

Lakukan 3 Hal Ini Agar Tidak Ngiler saat Tidur

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Lakukan 3 Hal Ini Agar Tidak Ngiler saat Tidur
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Ngiler merupakan kondisi keluarnya air liur yang berlebih dari mulut, salah satunya adalah saat sedang tidur.

Akibatnya, ketika bangun tidur kita akan mendapati bibir atau bantal kita basah oleh air liur yang keluar saat tidur.

Ngiler yang terjadi saat teman-teman tidur ternyata ada hubungannya dengan otot-otot wajah yang berada dalam keadaan rileks saat tidur.

Ketika tidur, otot-otot wajah akan berada dalam kondisi rileks atau beristirahat dan refleks menelan saat tubuh kita juga berada dalam kondisi yang sama.

Nah, karena otot wajah dan refleks menelan kita berada dalam keadaan rileks, maka kemampuan kita untuk menelan dan menutup mulut juga berkurang, lo, padahal saat tidur air liur menumpuk di dalam mulut.

Akibatnya air liur yang menumpuk dalam mulut kita akan perlahan-lahan menetes dari mulut kita yang sedikit terbuka. Namun tenang saja, karena ngiler saat tidur adalah hal yang wajar terjadi.

Meskipun merupakan hal yang wajar terjadi, tapi kadang ada orang yang merasa kalau ngiler saat tidur itu mengganggu, terlebih saat kita sedang tidur di tempat lain.

Dilansir laman Bobo, berikut beberapa tips untuk menghilangkan ngiler saat tidur:

1. Konsumsi Obat Alergi atau Sinus

Salah satu penyebab ngiler saat tidur ternyata adalah karena adanya penyakit sinusitis yang diderita.

Sinusitis adalah pembengkakan dan infeksi yang terjadi pada sinus atau rongga hidung pada waktu yang cukup lama. Akibatnya, hidung menjadi tersumbat karena adanya penumpukan lendir.

Selain sinusitis, flu atau pilek juga bisa membuat kita ngiler saat tidur, lo, karena hampir sama seperti sinusitis, hidung juga tersumbat oleh lendir saat sedang pilek atau flu.

Loading...

Selain sinusitis dan flu, beberapa jenis alergi juga bisa menyebabkan hidung tersumbat. Nah, saat hidung tersumbat, kita jadi tidak bisa bernapas dengan baik melalui hidung, teman-teman, dan sebagai gantinya kita jadi bernapas lewat mulut.

Ketika bernapas lewat hidung inilah, mulut akan terbuka dan air liur yang menumpuk di mulut saat tidur akan mengalir perlahan.

Dengan mengonsumsi obat sinusitis, flu, atau alergi, maka bisa mengurangi penumpukan lendir di hidung dan membuat bernapas melalui hidung kembali nyaman dan mengurangi ngiler saat tidur.

2. Mengurangi Makanan Manis

Hampir semua orang, terutama anak-anak sepertinya suka makan makanan manis. Ternyata terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bisa menyebabkan kita ngiler saat tidur.

Penyebabnya karena makanan manis bisa menstimulasi produksi air liur dalam mulut kita. Jadi, semakin banyak makanan manis yang kita konsumsi, maka akan semakin banyak juga air liur yang diproduksi saat tidur.

Nah, untuk mengurangi ngiler yang terjadi saat tidur, sebaiknya teman-teman mengurangi konsumsi makanan manis di malam hari atau sebelum tidur, ya.

3. Ubah Posisi Tidur

Posisi kita saat tidur ternyata juga berpengaruh pada ngiler yang terjadi ketika tidur. Biasanya, ngiler akan terjadi ketika kita tidur dalam posisi menyamping atau tengkurap.

Tidur dalam dua posisi itu bisa membuat air liur akan lebih mudah mengalir dari mulut kita yang berada dalam keadaan rileks.

Sebaiknya kita tidur dalam posisi telentang, karena dengan posisi telentang, maka bisa menampung air liur di tenggorokan dan gaya gravitasi juga akan membantu mencegah air liur keluar dari mulut.
 

Loading...
Loading...