Sabtu, 06 Juli 2019 17:25 WITA

Ini Efek Negatif Jika Anda Minum Terlalu Banyak Air

Editor: Suriawati
Ini Efek Negatif Jika Anda Minum Terlalu Banyak Air
INT

RAKYATKU.COM - Air sangat penting untuk kesehatan. Para ahli telah mengingatkan bahwa minum cukup air sangat penting agar tubuh tetap berfungsi dengan baik.

Namun, jika Anda minum terlalu banyak itu juga tidak baik. Itu dapat menyebabkan keracunan air, yang juga dikenal sebagai hiponatremia.

Dalam kasus yang parah, keracunan air dapat menyebabkan masalah kesehatan yang melemahkan seperti kejang, koma, dan bahkan kematian.

"Menambahkan air secara terus-menerus ke tubuh Anda dapat menyebabkan kadar natrium yang rendah dalam darah Anda, yang dapat menyebabkan semua sel di tubuh Anda membengkak," kata Tamara Hew-Butler, DPM, PhD, seorang profesor di Universitas Oakland.

"Itu bisa menjadi sangat berbahaya ketika otak Anda mulai membengkak," tambahnya.

Cara mengetahui Anda overhidrasi
Cara terbaik untuk mengetahui apakah tubuh Anda benar-benar membutuhkan lebih banyak air adalah dengan mengetahui apakah Anda benar-benar merasa haus atau tidak.

“Salah satu mekanisme yang dimiliki semua hewan adalah haus. Haus adalah monitor setiap tubuh yang membuat mereka tahu jika mereka membutuhkan lebih banyak. Semakin banyak air yang Anda butuhkan, semakin haus Anda,” kata kata Dr. Hew-Butler.

Selain itu, tanda lainnya untuk menilai apakah Anda dehidrasi atau overhidrasi adalah melihat urin. Air seni tanpa pigmentasi sama sekali bisa menjadi pertanda bahwa Anda minum terlalu banyak air.

Efek buruk minum banyak air
Berikut beberapa hal yang bisa terjadi pada tubuh jika Anda minum terlalu banyak air:

Loading...

1. Mual
Gejala overhidrasi sangat mirip dengan dehidrasi. Ketika Anda minum terlalu banyak air, ginjal Anda tidak dapat membuang kelebihan cairan dan air mulai terkumpul di dalam tubuh. Ini dapat menyebabkan sejumlah gejala yang tidak menyenangkan, termasuk mual, muntah, dan diare.

2. Sakit kepala
Sakit kepala merupakan tanda overhidrasi dan dehidrasi, mirip dengan mual, muntah, dan diare. Ketika Anda minum terlalu banyak air, konsentrasi garam dalam darah Anda berkurang, menyebabkan sel-sel di organ-organ di seluruh tubuh Anda membengkak.

Ketika Anda minum terlalu banyak air, otak Anda sebenarnya membengkak dan menekan tengkorak. Tekanan tambahan ini dapat menyebabkan sakit kepala yang berdenyut dan masalah kesehatan yang lebih serius seperti gangguan otak dan kesulitan bernapas.

3. Pembengkakan
Dalam banyak kasus hiponatremia, orang akan mengalami pembengkakan atau perubahan warna di tangan, bibir, dan kaki mereka.

Ketika semua sel di seluruh tubuh Anda membengkak, kulit Anda juga akan mulai membengkak.

4. Berat bertambah
Mereka yang minum terlalu banyak air mungkin akan bertambah berat secara tiba-tiba.

5. Otot-otot lemah
Ketika Anda minum terlalu banyak air, kadar elektrolit Anda turun dan keseimbangan tubuh terganggu. Kadar elektrolit yang rendah dapat menyebabkan sejumlah gejala yang tidak menyenangkan, termasuk kejang otot dan kram.

Anda dapat mencegah masalah otot dengan mengganti beberapa gelas air sehari dengan air kelapa, yang penuh dengan elektrolit dan 100 persen alami.

Loading...
Loading...