Minggu, 07 Juli 2019 06:30 WITA

Latihan di Treadmill Bisa Atasi Nyeri Haid

Editor: Andi Chaerul Fadli
Latihan di Treadmill Bisa Atasi Nyeri Haid
FOTO: Pixabay

RAKYATKU.COM - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa berlari di treadmill setidaknya tiga kali seminggu dapat membantu membuat nyeri haid lebih mudah dikelola dan memiliki efek jangka panjang pada kualitas hidup.

Untuk penelitian ini, yang diterbitkan dalam jurnal Contemporary Clinical Trials, 70 wanita berusia 18 hingga 43 tahun berpartisipasi dalam latihan yang diawasi di treadmill tiga kali seminggu selama empat minggu, dimulai sehari setelah akhir periode mereka, dikutip dari Asia One, Minggu (7/7/2019). 

Mereka kemudian melanjutkan dengan latihan treadmill di rumah selama enam bulan.

Semua peserta menderita dismenore, istilah medis untuk periode menstruasi yang menyakitkan. Kelompok kontrol perempuan yang tidak mengikuti rejimen latihan juga merupakan bagian dari penelitian.

Para wanita yang berolahraga melaporkan merasakan 6 persen lebih sedikit rasa sakit setelah empat bulan, sementara mereka yang melanjutkan program selama enam bulan memperkirakan bahwa rasa sakit mereka telah berkurang sebesar 22 persen.

loading...

Manfaat lain yang terkait dengan latihan fisik disebutkan pada akhir tujuh bulan, termasuk kualitas hidup yang lebih baik dan kinerja yang lebih baik sepanjang hari.

"Wanita yang mengalami masa-masa menyakitkan sering mengambil langkah-langkah untuk secara aktif menghindari olahraga - lagipula, ketika Anda kesakitan, seringkali hal terakhir yang ingin Anda ikuti," komentar Leica Claydon-Mueller, Dosen Senior di Universitas Anglia Ruskin di London. Inggris, yang mengerjakan penelitian.

"Namun, uji coba ini menunjukkan bahwa olahraga secara signifikan mengurangi rasa sakit bagi orang-orang yang mengambil bagian dalam program ini, dan mereka juga melaporkan penurunan tingkat rasa sakit setelah empat dan tujuh bulan," ia menekankan.

Namun, karena penelitian ini memiliki ukuran sampel yang kecil, penelitian lebih lanjut pada skala yang lebih besar diperlukan untuk membangun bukti klinis yang lebih kuat tentang manfaat latihan treadmill untuk nyeri haid dan, secara umum, untuk kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan.

Loading...
Loading...