Rabu, 03 Juli 2019 13:53 WITA

6 Tanda Awal Stroke yang Kerap Diabaikan

Editor: Suriawati
6 Tanda Awal Stroke yang Kerap Diabaikan
INT

RAKYATKU.COM - Stroke adalah penyebab kematian nomor lima di dunia.

Namun, kerusakan otak akibat stroke dapat diminimalkan jika ditangani dengan segera. Sebaliknya, semakin lambat pasien menerima perawatan, semakin besar pula kemungkinan mengalami kesulitan bicara, kehilangan ingatan, atau perubahan perilaku. 

Jadi, kunci untuk mendapatkan pertolongan cepat adalah dengan mengetahui tanda-tanda stroke. Berikut di antaranya:

1. Penglihatan kabur
Masalah penglihatan seperti melihat ganda, kabur, atau kehilangan penglihatan di satu mata bisa menjadi tanda stroke. Ini sering luput dari perhatian karena banyak orang menyalahkan semua kondisi itu pada usia tua atau kelelahan.

Padahal, pembuluh darah yang tersumbat dapat mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke mata.

2. Mati rasa
Jika Anda bangun dari tidur siang dan lengan atau kaki Anda mati rasa, dan tidak hilang dalam beberapa menit, maka segera meminta pertolongan.

Hal ini bisa disebabkan oleh berkurangnya aliran darah melalui arteri yang menjalar ke belakang kepala.

loading...

3. Bicara tidak jelas
Beberapa obat-obatan, seperti obat penghilang rasa sakit, dapat menyebabkan orang bicara tidak jelas. Tetapi jika itu bukan efek samping yang biasanya Anda alami, Anda mungkin mengalami stroke dan harus segera mencari bantuan.

Salah satu tanda diam dari stroke adalah ketika wajah Anda terlihat asimetris.

4. Tidak seimbang
Jika Anda tiba-tiba mulai tersandung, tidak bisa berjalan lurus, atau mengalami pusing tiba-tiba, itu bisa jadi pertanda stroke. Itu disebabkan oleh penurunan aliran darah ke otak.

5. Sulit berpikir
Bagian otak yang tidak berfungsi dengan baik dapat kemampuan berpikir. Jadi jika Anda kerap merasa sulit untuk mengingat kata-kata, maka itu mungkin menjadi pertanda lain dari stroke.

6. Sakit kepala
Beberapa orang salah menilai ini dan berpikir itu mungkin hanya migrain biasa. Tetapi jika Anda tidak rentan terhadapnya, itu bisa berupa stroke.

Tags
Loading...
Loading...