Selasa, 02 Juli 2019 16:03 WITA

Tak Banyak yang Tahu, Merokok Juga Bisa Merusak Mata

Editor: Suriawati
Tak Banyak yang Tahu, Merokok Juga Bisa Merusak Mata
INT

RAKYATKU.COM - Kita semua mengetahui bahaya rokok untuk kesehatan, terutama paru-paru. Tapi, mungkin sedikit yang tahu bahwa ini juga bisa merusak mata.

Royal National Institute of Blind People, yang berbasis di Inggris menemukan bahwa perokok dua kali lebih mungkin kehilangan penglihatan dibandingkan dengan bukan perokok.

Itu karena asap tembakau dapat menyebabkan dan memperburuk sejumlah kondisi mata.

Bagaimana merokok dapat membahayakan mata?

Asap rokok mengandung bahan kimia beracun yang dapat mengiritasi dan membahayakan mata.

Misalnya, logam berat, seperti timah dan tembaga, dapat terkumpul di dalam lensa mata dan mengarah ke katarak.

Loading...

Merokok juga dapat memperburuk masalah penglihatan terkait diabetes dengan merusak pembuluh darah di belakang mata (retina).

Association of Optometrists (AOP) mengatakan, berhenti atau menghindari merokok adalah salah satu langkah terbaik yang dapat Anda ambil untuk melindungi penglihatan Anda. Selain itu, penting untuk melakukan pemeriksaan penglihatan secara teratur.

"Orang-orang cenderung tahu tentang hubungan antara merokok dan kanker, tetapi banyak orang tidak menyadari dampak yang dapat ditimbulkan oleh merokok pada mata," kata Aishah Fazlanie, Ahli Kacamata dan Penasihat Klinis dan Regulator untuk AOP.

"Merokok meningkatkan risiko kondisi yang mengancam penglihatan, seperti degenerasi makula terkait usia, yang merupakan alasan penting mengapa perokok harus mempertimbangkan untuk berhenti."

Loading...
Loading...