Kamis, 20 Juni 2019 21:00 WITA

Alami Gejala Ini, Tanda Tubuhmu Kekurangan Sinar Matahari

Editor: Adil Patawai Anar
Alami Gejala Ini, Tanda Tubuhmu Kekurangan Sinar Matahari

RAKYATKU.COM - Masih banyak orang yang menyepelekan pentingnya asupan sinar matahari. Padahal, tanpa adanya sinar matahari, kita bisa kekurangan asupan vitamin D. Jika sampai hal ini terjadi, beberapa bagian tubuh seperti jantung dan tulang bisa mengalami masalah kesehatan. Selain itu, kekurangan vitamin D juga dianggap terkait dengan risiko terkena berbagai macam penyakit.

Beberapa tanda yang menunjukkan bahwa tubuh kekurangan asupan sinar matahari. Sebenarnya, selain dari sinar matahari, kita bisa mendapatkan asupan vitamin D dari beberapa jenis makanan layaknya susu, ikan salmon, dan ikan kod, namun sinar matahari memiliki peran jauh lebih besar bagi kondisi kesehatan kita.

Berikut adalah beberapa dampak yang bisa kita alami jika kekurangan paparan sinar matahari.

Mudah lelah
Dampak yang paling terasa jika kita kekurangan asupan sinar matahari adalah tubuh yang mudah lelah. Bahkan, dampak ini akan tetap terasa meski kita sudah tidur cukup setiap malam.

“Telah ada penelitian yang membuktikan bahwa kekurangan asupan vitamin D terkait dengan kelelahan dan gangguan tidur,” ungkap Catherine Jackson, PhD dari California State University, Amerika Serikat.

Penelitian yang dimaksud adalah yang dipublikasikan hasilnya dalam North American Journal of Medical Sciences. Dalam penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa mereka yang mudah merasa kelelahan cenderung memiliki kadar vitamin D yang rendah. Dengan mengonsumsi suplemen vitamin D atau mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup, masalah kelelahan ini bisa diatasi.

Mengalami depresi
Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam The British Journal of Psychiatry, dihasilkan fakta bahwa orang-orang yang mengalami depresi cenderung memiliki kadar vitamin D yang rendah di dalam tubuhnya.

Penelitian ini menghasilkan fakta bahwa kekurangan vitamin D memiliki dampak besar bagi fungsi otak dan kesehatan mental. Karena alasan inilah kita sebaiknya memenuhi asupan vitamin ini atau mendapatkan sinar matahari dengan cukup demi mencegahnya.

Loading...

Sering muncul keringat pada dahi
Meski terlihat unik, pakar kesehatan menyebut jika kita sering mengeluarkan keringat di dahi, bisa jadi hal ini menandakan bahwa kita kekurangan vitamin D. Hanya saja, belum jelas seperti apa keterkaitan antara munculnya keringat ini dengan kadar vitamin D.

Nyeri pada tulang
Vitamin D sangatlah penting bagi kesehatan dan kekuatan tulang. Tanpa asupan vitamin ini dengan cukup, maka tulang akan lebih rentan mengalami masalah kesehatan dan terkena nyeri. Biasanya, gejala nyeri pada tulang dan otot ini akan lebih sering terjadi saat suhu udara dingin. Selain itu, di pagi hari otot dan tulang juga akan terasa lebh kaku.

Sonya Angelone, MS, RDN dari Academy of Nutrition and Dietetics juga menyebut kekurangan sinar matahari juga akan membuat risiko terkena patah tulang meningkat.

Susah tidur
Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Sleep Research, dihasilkan fakta bahwa orang-orang yang memiliki kadar vitamin D yang cukup cenderung tidur dengan lebih nyenyak. Risiko untuk terkena gangguan tidur seperti insomnia juga bisa ditekan hingga 16 persen lebih rendah.

Mudah jatuh sakit
Kekurangan asupan vitamin D akibat jarang terpapar sinar matahari ternyata juga membuat kita lebih mudah jatuh sakit, khususnya penyakit-penyakit ringan seperti pilek dan flu. Hal ini disebabkan oleh pengaruh besar dari vitamin D bagi sistem kekebalan tubuh.

Penelitian yang diunggah dalam Archives of Internal Medicine juga membuktikan bahwa kekurangan asupan vitamin D membuat kita lebih rentan terkena infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Loading...
Loading...