Kamis, 20 Juni 2019 00:30 WITA

Ini 9 Tanda Anda Memiliki Gumpalan Darah

Editor: Aswad Syam
Ini 9 Tanda Anda Memiliki Gumpalan Darah
Pembekuan darah

RAKYATKU.COM - Gumpalan darah, juga dikenal sebagai emboli, adalah massa seperti gel yang menyumbat arteri atau vena. 

Kita membutuhkan pembekuan darah untuk menghentikan pendarahan kita, jika kita memiliki luka, tetapi mereka juga dapat terbentuk ketika itu tidak perlu dan kemudian mereka bisa sangat berbahaya. 

Jenis bekuan darah yang paling umum adalah tromboemboli. Ini adalah penyumbatan pembuluh darah oleh gumpalan darah, yang telah menjadi copot dari tempat lain dalam sirkulasi. 

Gumpalan darah atau tromboemboli membunuh ribuan orang di Inggris setiap tahun. Sangat penting untuk dapat melihat gejala-gejalanya lebih awal.

1. Debar jantung
Apakah Anda mengalami jantung berdebar secara teratur? Ini bisa menjadi gejala emboli. Gumpalan darah di paru-paru Anda dapat menyebabkan pasokan oksigen ke paru-paru Anda menjadi terbatas atau bahkan tersumbat. Jantung perlu mengimbangi hal ini, itulah sebabnya jantung mulai berdetak lebih cepat, lebih keras, dan lebih tidak teratur.

2. Nyeri di dada
Orang yang pernah mengalami emboli paru-paru sebelumnya sering mengatakan itu mirip dengan serangan jantung. Ini karena rasa sakit akibat serangan jantung sebanding dengan emboli paru-paru. Perbedaannya adalah rasa sakit akibat emboli paru-paru terasa seolah-olah Anda ditusuk dan rasa sakitnya bertambah buruk ketika Anda bernapas dalam-dalam.

3. Napas pendek
Embolisme di paru-paru juga bisa menyebabkan Anda kesulitan bernapas. Seperti yang kami katakan di atas, ini disebabkan bekuan darah mengacaukan pasokan oksigen. Gejala ini bisa menjadi sangat buruk sehingga Anda mungkin merasa seperti akan pingsan.

Loading...

4. Batuk
Batuk secara teratur sering dikaitkan dengan pilek, flu, radang paru-paru atau radang tenggorokan. Tetapi apakah Anda memiliki batuk kering yang entah bagaimana muncul entah dari mana? Maka itu mungkin cara tubuh Anda memperingatkan Anda untuk emboli paru-paru. Jika Anda batuk lendir dan / atau darah, sudah pasti saatnya untuk menghubungi dokter.

5. Perubahan warna kulit
Apakah Anda tiba-tiba memiliki area merah yang tidak bisa dijelaskan di lengan atau kaki Anda? Ini bisa menjadi gejala trombosis vena. Apakah tempat itu terasa hangat dan lembut? Ini dapat menunjukkan adanya gumpalan darah di bawah kulit.

6. Pembengkakan
Ketika pergelangan kaki, tulang kering, atau pergelangan tangan Anda tiba-tiba mulai membengkak, ini dapat mengindikasikan trombosis vena di lengan atau kaki Anda. Gumpalan darah menghalangi sirkulasi darah, yang menyebabkan darah tidak dapat mengalir. Darah tetap di belakang gumpalan dan ini menyebabkan bagian tubuh membengkak.

7. Nyeri pada lengan atau kaki
Ini mungkin terlihat seperti nyeri tembak yang relatif tidak bersalah atau kejang otot di lengan atau kaki Anda, tetapi berhati-hatilah. Apakah rasa sakitnya memburuk segera setelah Anda mulai berjalan atau meregangkan? Jika ini yang terjadi dan kulit Anda juga terlihat merah dan bengkak, Anda memiliki gejala yang jelas dari gumpalan darah di tubuh Anda.

8. Muntah
Anda juga dapat mengembangkan gumpalan darah di perut Anda. Ini juga disebut iskemia usus. Apakah Anda mengalami banyak mual, sakit perut, dan muntah? Ini mungkin merupakan gejala iskemia usus. Kunjungi dokter Anda segera.

9. Visi
Bekuan darah juga dapat mempengaruhi penglihatan Anda. Apakah Anda biasanya tidak memiliki masalah dengan pandangan Anda sama sekali, tetapi apakah Anda mengalami masalah pusing dan keseimbangan sekarang? Ini bisa menjadi tanda bahwa ada bekuan darah di arteri yang terhubung ke mata Anda. Sekali lagi, sangat penting untuk pergi ke dokter segera dengan ini.

Loading...
Loading...