Senin, 17 Juni 2019 06:30 WITA

Hindari 9 Makanan Ini Jika Ingin Awet Muda

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Hindari 9 Makanan Ini Jika Ingin Awet Muda
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Sebagian orang mungkin agak tersinggung bila disangka jauh lebih tua ketimbang usia aslinya, terutama wanita. 

Sebaliknya, sebagian orang akan merasa senang bila dia dikira jauh lebih muda ketimbang usia aslinya alias awet muda.

Nah, untuk mendapatkan penampilan yang terlihat muda, mungkin Anda hanya berpikir tentang gaya berpakaian dan gaya make up harian saja. Padahal, bila ingin terlihat awet muda, Anda juga mesti memerhatikan asupan yang dikonsumsi, yakni makanan.

Dilansir Klikdokter, ada 9 makanan yang sebaiknya dihindari bila ingin memiliki kulit yang awet muda. Adapun makanan yang dimaksud, antara lain:

1. Permen dan makanan tinggi gula lainnya

Permen mengandung banyak sekali gula. Sedangkan, gula adalah musuh terbesar dua protein yang bisa membuat kulit Anda senantiasa awet muda, yakni kolagen dan elastin.

Hal itu dibenarkan oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter. Menurutnya, gula yang terkandung dalam makanan akan membentuk advance glycation and products (AGE)  di dalam tubuh. AGE yang terakumulasi dapat merusak berbagai protein di dalam tubuh sehingga kulit akan menjadi mudah berkerut, kendur, dan kusam.

2. Daging yang dibakar dengan arang

Daging yang dibakar dengan arang biasanya akan lebih mudah hangus. Nah, daging hangus sering mengandung hidrokarbon proinflamasi. Hal itu tentunya tidak baik karena dapat menyebabkan peradangan serta dapat menghancurkan kolagen kulit.

3. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan fungsi organ hati. Nah, ketika organ hati tidak berfungsi dengan baik, racun yang berpotensi memengaruhi kulit akan menumpuk dan kulit mendapatkan banyak masalah, salah satunya penuaan dini.

4. Karbohidrat sederhana

Karbohidrat yang satu ini sangat mudah dicerna menjadi gula dan akan berujung pada penumpukan AGE di dalam tubuh. Cobalah mulai sekarang ganti karbohidrat sederhana Anda dengan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, atau oatmeal.

Loading...

5. White wine

Jenis minuman beralkohol yang satu ini tidak membikin tua kulit Anda, melainkan gigi dan mulut Anda. Alkohol dalam white wine akan mengeringkan mulut, mengurangi produksi air liur, dan menghilangkan warna putih alami pada gigi. Asam dalam anggur putih ini juga dapat membuat gigi Anda menjadi cepat keropos dan ompong seperti lansia.

6. Margarin

Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menemukan, orang yang secara teratur mengonsumsi margarin memiliki lebih banyak kerutan daripada orang jarang mengonsumsi sumber lemak tersebut. Diketahui adalah suatu jenis lemak di dalam margarin yang dapat meningkatkan peradangan sehingga kulit menjadi tampak lebih tua.

7. Makanan asin

Apa pun yang mengandung garam atau natrium dalam jumlah tinggi akan membuat kulit Anda semakin kering dan mudah keriput. Pasalnya, garam yang berlebih di dalam tubuh akan mengeluarkan lebih banyak cairan dari sel.

8. Kopi

Kafein memang bisa “membangunkan” Anda. Tetapi, jika mengonsumsi kopi atau kafein terlalu banyak, hal itu justru berdampak buruk pada kulit. Sebab, kafein dapat membuat kulit menjadi kering serta menimbulkan garis-garis halus. Efeknya pun akan semakin buruk bila Anda menambahkan banyak gula di dalamnya.

9. Makanan super pedas

Kulit kemerahan akibat peradangan akan menurunkan kualitas penampilan Anda. Dan sayangnya, hal itu bisa dipicu oleh makanan yang super pedas.

 

Loading...
Loading...